Kompas.com - 17/10/2017, 19:30 WIB
Kapsul Plasenta Nick Lundgren/ShutterstockKapsul Plasenta
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Trend minum plasenta yang dipopulerkan beberapa kalangan artis dunia ternyata tidak ada manfaat kesehatannya.

Kajian mengenai plasenta bahkan sudah dipublikasikan secara online pada bulan Agustus 2017 di American Journal of Obstetrics & Gynecology.

Selama ini plasenta disebut-sebut sebagai makanan ajaib. Hingga beberapa pesohor seperti Kim Kardashian memposting foto yang menunjukkan plasenta yang dikeringkan kemudian dikapsulkan.

Pendukung praktek ini, yang disebut placentophagy, mengklaim mengonsumsi plasenta memiliki banyak manfaat seperti dapat membantu mengatasi depresi pasca melahirkan, memperbaiki laktasi, dan meningkatkan energi.

Namun tinjauan baru mengenai plasenta menunjukkan bahwa sebenarnya kondumsi organ yang membantu menyalurkan nutrisi pada bayi ini tak punya manfaat kesehatan.

"Jangan makan plasenta bayi Anda. Tidak ada manfaatnya dan ada potensi resiko," kata Dr. Amos Grünebaum, seorang profesor kebidanan dan ginekologi klinis di Weill Cornell Medical College di New York City seperti dikutip dari Live Science, Sabtu (14/10/2017).

Resiko ini meliputi infeksi virus dan bakteri bagi bayi yang sedang menyusui dan juga ibunya. Juga resiko menelan racun dan hormon yang terkumpul di plasenta selama kehamilan. Potensi resiko ini tetap ada meskipun plasenta sudah dibekukan, keringkan, enkapsulasi atau dipanggang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca Juga: Ini Alasan Sebenarnya Ibu Hamil Tidak Boleh Merokok

Belum ada standar untuk memproses plasenta untuk konsumsi manusia. Centers for Disease COntrol and Prevention (CDC) juga merekomendasikan untuk menghindari enkapsulasi plasenta karena tidak menghilangkan patogen.

Sementara, untuk memanggang plasenta, juga harus memenuhi persyaratan panas yang sesuai untuk menghilangkan infeksi.

"Analoginya steak dapat dimasak mentah, sedang atau sudah matang. Semakin mentah, semakin besar kemungkinan kontaminasi," tambah Grünebaum.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.