Kompas.com - 22/09/2017, 19:06 WIB
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com –- Bila Anda pernah melihat katak makan serangga yang lebih kecil dari ukuran tubuhnya, itu memang benar. Namun, daya serang katak lebih dari itu. Katak purba yang hidup sekitar 70 juta tahun yang lalu bahkan mampu melahap dinosaurus. Kemampuan tersebut dimilki oleh katak Beelzebufo ampinga.

Dengan tubuh sebesar bola pantai, B ampinga adalah katak terbesar yang diketahui manusia. Ia mirip dengan katak Ceratophrys modern yang memiliki badan bulat dan mulut yang sangat besar sehingga dijuluki katak Pacman.

Menggunakan skala perbandingan dengan katak Ceratophrys, para peneliti pun mengukur kekuatan rahang B ampinga.

(Baca juga: Katak Sebesar Ayam dari Enrekang Ini Buktikan Kekayaan Fauna Nusantara)

Para peneliti menggunakan tranduser tekanan buatan berupa dua plat yang dilapisi kulit. Saat seekor katak menggigit plat, tranduser akan mengkalkulasi kekuatan gigitan dengan akurat.

Dengan lebar kepala 4,5 centimeter (cm), Ceratophrys ternyata memiliki kekuatan gigitan sebesar 30 Newton atau sekitar 3 kilogram (kg) yang diggunakannya untuk menjepit mangsanya yang bergerak-gerak.

Scientific Reports/Jones et al. Tranduser buatan yang digunakan para peneliti untuk mengukur kekuatan rahang katak

Sementara itu, katak bertanduk besar dengan mulut 10 cm memiliki kekuatan gigitan sebesar 500 Newton atau 50 kg. Katak yang hidup di Amerika Selatan ini punya kekuatan yang setara dengan kura-kura, buaya, dan mamalia pemangsa dengan ukuran mulut yang sama.

"Tidak seperti kebanyakan katak yang memiliki rahang lemah dan mengonsumsi mangsa kecil, katak bertanduk menyergap hewan yang sebesar dirinya - termasuk katak lain, ular, dan hewan pengerat. rahang kuat mereka memainkan peran penting dalam meraih dan menaklukkan mangsanya," kata peneliti Marc Jones dari University of Adelaide dan South Australian Museum.

(Baca juga: Peneliti Kenalkan 4 Spesies Katak Baru dari Sumatra)

Dilansir dari Science Alert, B ampinga memiliki lebar mulut sekitar 15,4 cm. Kekuatan gigitannya bisa mencapai 2.200 Newton atau sekitar 224 kg. Kekuatan ini setara dengan kura-kura penggigit yang mampu mematahkan jari manusia.

"Pada kekuatan gigitan ini, Beelzebufo akan mampu menaklukkan dinosaurus kecil dan remaja yang berbagi lingkungan dengannya," kata Jones.

Hasil penelitan ini telah dipublikasi di Scientific Reports pada 20 September 2017.