Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berusia 1.700 Tahun, Makam Raja Suku Maya Ditemukan di Guatemala

Kompas.com - 19/09/2017, 21:08 WIB
Monika Novena

Penulis

KOMPAS.com -- Arkeolog yang sedang melakukan penggalian di sebuah situs arkeologi di Guatemala menemukan makam kuno milik peradaban suku Maya. Makam tersebut diprediksi berusia 1.700 tahun dan merupakan makam dari raja suku Maya, suku yang diperkirakan punah karena kolonisasi bangsa Spanyol.

Saat makam yang terletak di situs El Perú-Waka di hutan hujan di utara Guatemala ini dibuka, arkeolog menemukan topeng giok dan tulang-tulang yang keduanya dicat dengan warna merah terang. Makam tersebut juga berisi beberapa keramik, kerang, dan liontin berukir buaya.

(Baca juga: Teka-teki Runtuhnya Peradaban Suku Maya Terungkap)

Meski begitu, tidak terdapat prasasti dalam kubur yang mengungkapkan nama penguasa yang dimakamkan di sana. Namun, David Freidel, seorang profesor antroplogi dari Washington University di St Louis yang juga memimpin penggalian tersebut berpendapat jika makam tersebut merupakan kuburan dari Raja Te Chan Ahk, salah satu raja dari dinasti Wak.

Tim arkeolog Amerika Serikat dan Guatemala sebenarnya telah menggali Waka sejak tahun 2003. Mereka menemukan beberapa penguburan raja dan ratu.

Namun, tampaknya makam raja tersebut luput dari penggalian. Barulah pada musim panas yang lalu, para arkeolog kembali menggali terowongan di bawah akropolis istana dan menemukan sebuah makam raja yang mungkin menjadi pemakaman kerajaan tertua di lokasi tersebut.

Berdasarkan dari gaya tembikar yang ditemukan di makam tersebut, arkeolog memperkirakan pemakaman itu berasal dari tahun 300-350.

Untuk sementara, Freidel menjelaskan bahwa makam raja tersebut membuat istana menjadi tanah kerajaan suci untuk dinasti Wak.

JUAN CARLOS PÉREZ, PROYECTO ARQUEOLÓGICO WAKA’ AND THE MINISTRY OF CULTURE AND SPORTS OF GUATEMALA Topeng giok merah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com