Kompas.com - 06/09/2017, 09:06 WIB
Primata Calicebus milton ADRIANO GAMBARINI / WWF BRAZIL / AFPPrimata Calicebus milton
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Hutan tropis menyimpan kekayaan biodiversitas yang menakjubkan. Hal ini kembali dibuktikan dengan penemuan ratusan spesies baru di hutan tropis Amazon.

Sebanyak 381 spesies baru ditemukan oleh badan konservasi World Wildlife Fund dan Mamiraua Institute for Sustainable Development Brazil. Temuan sebanyak itu berhasil dicatat selama dua tahun masa penelitian.

Rata-rata, spesies baru ditemukan setiap dua hari, di antara lain adalah 216 tanaman yang belum diketahui jenisnya, 93 ikan, 32 amfibi, 20 mamalia, 19 reptil, dan satu burung.

(Baca juga: 122 Spesies Burung di Indonesia Terancam Punah)

Sayangnya, ratusan spesies baru itu hidup di daerah yang berisiko terkena dampak dari aktivitas manusia.

"Semua spesies yang ditemukan, 381-nya, berada di daerah di mana manusia menghancurkan Amazon. Ini sangat penting bagi kita, karena menghubungkan fakta bahwa aktivitas ekonomi kita bisa menyebabkan spesies punah sebelum kita mengetahui tentang mereka,” kata Ricardo Mello, koordinator program Amazon WWF Brazil seperti dikutip dari BBC 31 Agustus 2017.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Laporan penemuan spesies baru ini juga bertepatan dengan wacana pengguna cadangan alam untuk pertambangan di Brazil.

Pengadilan Brazil telah menangguhkan keputusan pemerintah untuk membuka lahan Renca, Amazon timur, untuk komersial. Namun, pemerintah Brazil tak tinggal diam. Rencananya, pemerintah Brazil akan mengajukan banding atas pengangguhan tersebut.



Sumber BBC

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X