122 Spesies Burung di Indonesia Terancam Punah

Kompas.com - 24/08/2017, 16:09 WIB
Macrocephalon maleo Ariefrahman/Wikimedia CommonsMacrocephalon maleo
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

GORONTALO, KOMPAS.com -- Kekayaan fauna Indonesia memang luar biasa. Dari 1.594 spesies burung yang ada di nusantara, 300 spesies di antaranya berstatus endemik atau hanya ditemukan di kawasan tertentu.

Sayangnya, 122 spesies burung di Indonesa sedang menghadapi ancaman kepunahan. Rincian ancaman kepunahan ini adalah 18 jenis masuk kritis (Critically Endangered), 31 jenis genting (Endangered), dan 73 rentan (Vulnerable).

“Salah satu yang terancam adalah burung Maleo (Macrocephalon maleo), habitat dan populasinya sudah semakin terancam,” kata Puja Utama, Kepala Sub Direktorat Pengawetan Jenis, Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam, Kamis (24/8/2017).

(Baca juga: Puspa Langka yang Terancam Punah)

Berkurangnya habitat dan populasi burung ini adalah akibat dari perburuan ilegal dan konversi hutan menjadi peruntukan lain.

Puja menegaskan, konservasi sumber daya alam di Indonesia merupakan salah satu bagian inti pembangunan nasional yang bertujuan untuk mencapai pembangunan berkelanjutan.

“Salah satu indikator keberhasilan konservasi adalah peningkatan populasi 25 satwa terancam punah prioritas sesuai dengan IUCN Redlist of Threatened Species sebesar 10 persen. Maleo adalah salah satu prioritas peningkatan populasi” lanjut Puja Utama.

Untuk memacu keberhasilan konservasi burung maleo ini, diperlukan Strategi dan Rencana Aksi Konservasi (SRAK). SRAK ini sedang digodok oleh Program Enhanching  the Protected Area System in Sulawesi for Biodiversity Conservation (E-PASS).



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X