Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilanda Badai Harvey, Semut Api Ciptakan Rakit dari Tubuh Sendiri

Kompas.com - 30/08/2017, 17:04 WIB
Lutfy Mairizal Putra

Penulis

KOMPAS.com –- Jangan pernah menganggap remeh semut api. Walaupun berbadan kecil, hewan ini tidak bisa ditenggelamkan, bahkan ketika dilanda Badai Harvey sekalipun.

Padahal, bencana besar tersebut telah memporak-poranda Houston, Texas, dan membuat sekitar 300.000 warga Houston hidup tanpa listrik dan tanpa air besih.

Kemampuan yang luar biasa tersebut itu ditunjukkan oleh koloni semut api yang tetap kompak membentuk rakit dari tubuh sendiri untuk menyelamatkan diri dari banjir.

(Baca juga: Hebatnya Semut Api, Bisa Bangun "Menara Eiffel" pakai Tubuh Sendiri)

Dilansir dari Business Insider, para semut bergerak dengan cepat. Mereka membuat ratu semut dan larva berada di tengah rakit, dan mengapitkan dirinya cukup erat untuk mempertahankan udara berada di tengah-tengah. Di bagian bawah, semut juga merapat untuk menghindari masuknya ke dalam rakit buatan.

Selama mengapung, rakit semut juga terus mengalami perubahan bentuk. Semut-semut bergantian menyeberangi lapisan teratas untuk bergabung ke lapisan tetap di bagian bawah. Dalam bentuk seperti itu, semut api bisa bertahan selama berminggu-minggu lamanya, meskipun mereka terus mencari area kering yang baru.

Dari publikasi di Texas A&M AgriLife Extension Service, Paul R Nester mencatat beberapa rakit berisi lebih dari 100.000 semut api. Oleh karena itu, warga Houston yang menggunakan perahu bot dihimbau untuk berhati-hati dan selalu berusaha menghindari semut.

Sebab, mereka bisa saja naik melalui dayung. Jika tersengat, satu semut mungkin hanya perkara ringan. Namun, hal itu bisa berubah menjadi serius jika satu koloni menyengat warga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com