Kompas.com - 30/08/2017, 08:04 WIB
Ilustrasi telur PurestockIlustrasi telur
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

JAKARTA, KOMPAS.com -- Bagi masyarakat awam, umumya dikenal dua jenis telur yang dihasilkan oleh ayam, yaitu telur ayam negeri dan telur ayam kampung.

Ada perbedaan bentuk fisik yang menonjol di antara keduanya. Telur ayam kampung relatif berukuran lebih kecil dan berwarna putih, sedangkan telur ayam negeri punya bentuk lebih besar dan berwarna kecoklatan.

Lantas, dari segi gizi, manakah yang lebih baik? Sebagian masyarakat percaya bahwa telur ayam kampung memiliki nutrisi yang lebih baik, tetapi benarkah demikian?

(Baca juga: Jangan Percaya Mitos, Daging Kambing Tidak Bikin Darah Tinggi)

Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr Johanes Chandrawinata, SpGK, mengatakan, dengan ukurannya yang lebih kecil, ayam kampung memiliki putih telur lebih sedikit, sedangkan kuningnya tak terdapat perbedaan yang signifikan dengan telur ayam negeri. Ukuran itu menyebabkan telur ayam kampung memiliki jumlah protein lebih sedikit.

“Jadi telur ayam negeri lebih unggul dari segi protein dibandingkan dengan telur ayam kampung,” kata Johanes saat dihubungi Kompas.com, Selasa (29/8/2017).

Meski kalah dari jumlah protein, telur ayam kampung punya keunggulan lain. Dengan pemeliharaan ayam yang diumbar, telur ayam kampung punya kandungan Omega-3 yang lebih tinggi. Jumlah vitamin di kuning telur pun sedikit berbeda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

(Baca juga: Pernah Bingungkan Aristoteles, Inilah Mengapa Telur Berbentuk Oval)

“Makanya telur ayam kampung warna telurnya lebih pekat. Kalau telur ayam negeri warnanya kuning muda. (Telur ayam negeri) vitaminnya lebih sedikit, selenium juga lebih sedikit,” kata Johanes.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, menurut Johanes, sebaiknya dilakukan modifikasi pangan ayam negeri. Dengan begitu, jumlah protein telur ayam negeri akan lebih baik dan nutrisi kuning telurnya akan serupa dengan terlur ayam kampung.

Caranya, pangan ayam negeri bisa diberikan tambahan selenium dan Omega-3 sehingga warna kuning telur menjadi lebih pekat.

“Kalau telur ayam arab dengan telur ayam kampung itu tidak beda jauh,” tambah Johanes.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.