Kompas.com - 25/08/2017, 16:56 WIB
Prakiraan angin pada Jumat (25/7/2017). BMKGPrakiraan angin pada Jumat (25/7/2017).
|
EditorYunanto Wiji Utomo

JAKARTA, KOMPAS.com – Angin yang berhembus di DKI Jakarta tak seperti biasanya. Bila anda punya waktu ke luar rumah ataupun kantor, angin akan terasa bertiup kencang.

Deputi Bidang Klimatologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Mulyono Rahadi Prabowo mengatakan, pola angin secara umum pada bulan kemarau datang dari sebelah tenggara, dari Autralia.

Setelah menyeberangi ekuator, pola angin berubah dari barat daya ke arah timur laut.

Untuk daerah Jawa bagian barat, pola angin mengalami kenaikan dengan kecepatan berkisar 25-30 knot. Bila dikonversi, kecepatnnya setara dengan 40-60 Km per jam.

“Memang angin yang kita rasakan saat ini agak lumayan kencang dari biasanya pada kisaran 15 knot atau 20-35 Km per jam,” kata Mulyono saat dihubungi Kompas.com, Jumat (25/8/2017).

Baca Juga: Misteri Alam, Mengapa Malam Itu Gelap?

Menurut Mulyono, dari prediksi BMKG fenomena ini aka berlangsung hingga 2-3 hari ke depan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tak hanya Jawa bagian barat, fenomena serupa juga terjadi di Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat.

Menurut Mulyono, hal itu disebabkan adanya siklon tropis Pakhar yang berada di sebelah barat Filipina.

Angin tersebut, kata dia, ikut memperkuat aliran angin dari selatan yang menyeberang ke Indonesia, khsusnya Jawa bagian barat, NTT, dan NTB.

Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati saat berkendara. Untuk daerah Jakarta misalnya, tak menutup kemungkinan papan reklame, baliho maupun pohon rindang yang berada di sepanjang jalan rubuh.

“Pohon yang kanopinya cukup rimbun yang pada umumnya pohon Akasia, mudah patah saat kena hembusan angina kencang. Ini perlu diwaspadai,” ujar Mulyono.

Baca Juga: Sains di Balik Fenomena Merinding, Apa yang Sebenarnya Terjadi?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.