Kompas.com - 23/08/2017, 10:05 WIB
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Para peneliti dikejutkan oleh perilaku brutal seekor singa laut di Pulau Medny, Rusia. Dilaporkan dalam jurnal Marine Mammal Science, hewan pejantan berbobot lebih dari 1.000 kilogram tersebut tiba-tiba menyerang seekor bayi singa laut.

Ia menggigitnya dan melemparnya ke sana ke mari hingga meninggal. Tidak berhenti di situ, setelah bayi singa laut meninggal, pejantan dewasa menyobek bangkai dan memakannya, termasuk perut dan organ-organ lainnya.

Salah satu penulis studi dan pakar biologi mamalia laut yang tergabung dalam Russian Academy of Sciences dan National Oceanic and Atmospheric Administration Amerika Serikat, Vladimir Burkanov, berkata bahwa semua peneliti singa laut sedang membicarakan mengenai kejadian ini dan mempertanyakan motifnya.

(Baca juga: Praktik Kanibalisme Purba Terbongkar, Ternyata Tujuannya adalah...)

Tanpa alasan

Ini adalah perilaku kanibalisme pertama yang diamati pada singa laut Steller. Hewan tersebut bahkan dikenal sangat jarang membunuh bayi, perilaku yang sebenarnya umum di antara mamalia.

Lalu, sekalipun Steller secara rutin bertarung dengan pejantan lain untuk melindungi teritorinya, pakar biologi mamalia laut Andrew Trites dari University of British Columbia yang tidak terlibat dalam studi berkata bahwa hewan ini biasanya sangat toleran terhadap bayi singa laut.

“Aku tidak pernah melihat kejadian seperti ini,” ujar Trites.

(Baca juga: Dahsyatnya Tanaman, Bikin Ulat Kanibal agar Tidak Dimakan)

Selain itu, bagi spesies singa laut terbesar yang bisa berbobot 1133 kilogram ini, seekor bayi singa laut yang hanya berbobot 15 hingga 22 kilogram sama sekali tidak membantu mengurangi rasa lapar.

Membunuh bayi singa laut juga tidak membantu pejantan pria untuk menaklukan ibu dari bayi singa laut yang sedang berenang di laut ketika pembunuhan terjadi.

Trite berkata bahwa induk Steller biasanya sangat protektif pada anak-anaknya yang berusia kurang dari seminggu. Namun, bayi singa laut yang terbunuh sudah berusia sembilan hari sehingga sekalipun sang induk ada di sekitar mereka, Trite ragu nasib bayi akan berubah.