Kompas.com - 21/08/2017, 20:33 WIB
Ilustrasi anjing Wavebreakmedia LtdIlustrasi anjing
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Untuk saat ini, kita belum bisa berbicara dengan hewan peliharaan, tetapi untungnya, ada para ahli yang bisa membantu kita menerjemahkan perilaku mereka.

Catherine Zuckerman, penulis majalah National Geographic, menemukan perilaku janggal yang dilakukan oleh Zucco, anjing jenis Coton de Tulear yang menjadi peliharaannya.

Zuckerman yang sedang hamil dibingungkan oleh kelakuan Zucco yang mulai membuang air kecil di kamar bermain putrinya. Dia curiga bila anjing tersebut mengetahui perihal kehamilannya.

(Baca juga: 3 Alasan Anjing Suka Bergulung-gulung di Tempat Bau)

"Hal pertama yang harus dilakukan oleh Zuckerman adalah pergi ke dokter hewan, untuk menyingkirkan kemungkinan adanya masalah medis, seperti infeksi saluran kemih," kata Carlo Siracusa, dokter hewan dan ahli perilaku hewan di Unviersity of Pennsylvania. 

Tanpa masalah kesehatan, ada kemungkinan Zucco dapat mendeteksi perubahan hormonal yang disebabkan oleh kehamilan Zuckerman, dan mungkin berperilaku berbeda dalam meresponsnya. "Misalnya, anjing yang pemiliknya mulai melakukan perawatan hormonal kadang kala memiliki perilaku menyimpang dari kebiasaaan normalnya," jelas Siracusa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain memiliki penciuman yang tajam, anjing juga sangat intuitif, dan dapat mengetahui perubahan dalam tindakan dan rutinitas teman manusianya, kata Dennis Turner dari Institute for applied Ethology and Animal Psychology di Horgen, Swiss.

(Baca juga: Mengapa Anjing Jadi Sahabat Terbaik Manusia? Sains Menjelaskannya)

Sebagai contoh, meski hal yang terlihat sepele seperti adanya furnitur baru untuk bayi, dapat merusak pola harian anjing dan menyebabkan stres. "Respons mereka mungkin mengingatkan kita terhadap kecemburuan di kalangan anak-anak," kata Turner. 

Siracusa merekomendasikan beberapa tips dari Penn Vet's Ryan Veterinary Hospital  yang dapat membantu hewan-hewan peliharaan Anda agar dapat menerima perubahan yang terjadi setelah kelahiran bayi.

Beberapa di antaranya yaitu memberikan hewan peliharaan Anda perhatian ekstra setiap harinya dan memperkenalkan mereka terhadap objek-objek baru seperti boks bayi, sebelum bayi Anda lahir.

Artikel ini sudah tayang di National Geographic Indonesia dengan judul: Mungkinkah Anjing Mengetahui Kehamilan Anda?



Sumber

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.