Kompas.com - 19/05/2017, 17:24 WIB
Ilustrasi photopulseIlustrasi
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Salah satu hal yang paling mengesalkan dari merawat anjing adalah menemukannya bergulung-gulung di tempat yang bau dan kotor. Padahal, Anda baru saja memandikannya.

Sebenarnya, mengapa anjing begitu suka melakukan hal yang menjijikan ini? Apakah mereka memang suka berbau tidak enak?

Ada beberapa teori yang menjelaskan mengenai perilaku ini, berikut uraiannya:

1. Turunan nenek moyang

Pakar anjing dan psikolog Stanley Coren berkata bahwa salah satu penjelasan yang paling umum diterima adalah anjing bergulung-gulung pada benda yang berbau untuk menyembunyikan bau asli mereka.

Coren berkata bahwa perilaku ini turunan dari nenek moyang mereka yang masih liar dan belum hidup bersama manusia.

“Jika antelop mencium bau anjing liar atau serigala, kemungkinan besar dia akan langsung melarikan diri,” ucapnya. Namun, bila anjing liar bergulung-gulung dalam kotoran antelop, maka mangsa mereka tidak akan terlalu curiga sehingga dapat didekati.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Alat komunikasi

Sementara itu, Pat Goodman, seorang rekan peneliti dan kurator di Wolf Park, Indiana, berkata bahwa perilaku untuk bergulung-gulung dalam bau juga ditemukan pada serigala dan merupakan alat komunikasi bagi hewan tersebut.

Ketika seekor serigala menemukan bau yang baru, maka tindakan pertamanya adalah mengendusnya dan bergulung-gulung pada bau tersebut. “Serigala itu akan berusaha untuk menempelkan bau tersebut pada dirinya, terutama di area wajah dan leher,” ucap Goodman.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.