Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-Hati, 5 Obat Psikotropika Ini Paling Mudah Disalahgunakan

Kompas.com - 04/08/2017, 17:06 WIB
Lutfy Mairizal Putra

Penulis

Sumber ABCNews

KOMPAS.com –- Kasus penyalahgunaan Dumolid yang menjegal Tora Sudiro mengangkat kembali aturan psikotropika ke mata publik.

Secara umum, obat psikotropika merupakan obat yang berhubungan dengan kejiwaan. Cara kerjanya mengubah tingkat kimiawi di otak untuk memengaruhi suasana hati dan perilaku.

Akan tetapi, penggunaan obat psikotropika tidaklah seperti obat warung. Indikasi dokter sangat diperlukan untuk mengonsumsi obat tersebut. Tanpanya, penggunaan psikotropika atas dasar apapun dapat dianggap sebagai penyalahgunaan obat. Hal ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika.

Dilansir dari ABC News, berikut ini adalah beberapa jenis obat psikotropika yang jamak digunakan sehingga berpotensi tinggi disalahgunakan, antara lain:

1. Obat antipsikotik

Obat antipsikotik dipercaya memblokir reseptor dopamin di otak yang dianggap terlalu aktif pada pasien psikosis yang menunjukkan gejala delusi dan halusinasi.

Namun, obat antipsikotik dapat menyebabkan tremor, kejang otot, dan kegelisahan. Efek samping lainnya adalah tardive dyskinesia, gerakan tak terkendali pada lidah, bibir, mulut, lengan, dan kaki secara permanen.

Antipsikotik juga dapat mempengaruhi metabolisme seseorang. Obat ini seringkali menyebabkan kenaikan berat badan yang signifikan dan dapat meningkatkan risiko diabetes.

2. Obat antidepresan

Obat Antidepresan dikonsumsi untuk mengobati gejala gangguan depresi mayor. Diperkirakan, sekitar 7-8 persen populasi manusia mengidap depresi.

Mayoritas antidepresan yang dapat ditemukan di pasaran termasuk golong SSRI yang secara spesifik menarget kadar seronin di otak.

Akan tetapi, antidepresan bukan tanpa efek samping. Badan Pengawasan Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat memberikan peringatan paling keras bagi obat antidepresan golongan SSRI karena dapat meningkatkan risiko keinginan bunuh diri pada anak, remaja, dan dewasa awal.

Selain itu, efek samping lainnya dari antidepresan meliputi gangguan tidur, agitasi, perubahan nafsu makan, dan disfungsi seksual.

(Baca juga: Memilih Antidepresan untuk Pasien)

3. Obat ADHD

ADHD (Attension Deficit Hyperactivity Disorder) merupakan salah satu gangguan yang paling lazim ditemui pada anak. Gejala dari gangguan ini termasuk peningkatan aktivitas motorik yang cenderung berlebihan, emosi yang meluap, hingga kesulitan mengendalikan perilaku.

Halaman:
Sumber ABCNews
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com