Yakin Anda Tidak Kidal? Studi Ini Bilang Belum Tentu

Kompas.com - 15/06/2017, 17:04 WIB
Ilustrasi tangan kidal SIlustrasi tangan kidal
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Sebuah tes singkat kini bisa membalikkan apa yang Anda yakini tentang diri Anda selama ini. Anda mungkin saja bukan orang yang bertangan kanan, melainkan seorang kidal.

Tidak peduli di mana Anda berada di dunia ini, kebanyakan orang menggunakan tangan kanan untuk berbagai hal. Lebih dari 85 persen dari kita merupakan orang bertangan kanan, bahkan janin yang berusia 10 minggu pun secara istimewa menggerakkan tangan kanan mereka.

Namun, preferensi itu sepertinya hanya ada pada manusia. Kerabat dekat manusia, yaitu kera, terbelah dua antara yang bertangan kanan dan kidal. Artinya, sekitar 50 persen kera itu kidal.

(Baca juga: Ternyata Sebagian Besar Kangguru Kidal)

Kita masih belum tahu mengapa manusia memiliki kecenderungan bertangan kanan. Namun penelitian dengan pendekatan baru menemukan beberapa petunjuk genetik yang menarik dan hasilnya membalikkan cara kita memikirkan kiri melawan kanan, paling tidak dalam urusan tangan.

Alih-alih hanya menanyai orang apakah mereka menulis dengan tangan kanan atau kiri, penelitian yang dipimpin Dr Silvia Paracchini di Universitas St Andrews di Skotlandia ini benar-benar mengukur seberapa terampil setiap orang dengan tangan kiri dan kanan mereka.

Mereka menggunakan tes pegboard sederhana - jenis tes yang biasa digunakan untuk menguji ketangkasan manual - dalam mengukur berapa waktu yang dibutuhkan seseorang untuk memindahkan 10 pasak di papan. Setelah mengukur orang berkali-kali untuk masing-masing tangan yang digunakan, hasil rata-ratanya diubah menjadi skor yang disebut PegQ.

Dalam spektrum

Ternyata, kita tidak semata-mata kanan atau kidal. Kita semua berada dalam spektrum kecenderungan tangan ini. Jadi, meski Anda menulis dengan tangan kanan, skor PegQ Anda bisa saja menunjukkan bahwa sebenarnya Anda secara keseluruhan lebih kidal.

Semakin tinggi nilai PegQ Anda, semakin cenderung Anda bertangan kanan. Sementara itu, PegQ negatif membuat Anda lebih kidal. (Jelas akan memerlukan lebih dari sekadar tes pasak kuantitatif untuk menyingkirkan penilaian tentang kidal).

Lalu, meski Anda menulis dengan tangan kanan bukan berarti Anda muncul di sisi 'kanan' dari spektrum.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X