Rumus Fisika Buktikan Kehebatan Wonder Woman

Kompas.com - 09/06/2017, 20:06 WIB
Artis peran dari Israel Gal Gadot dalam film Wonder Woman Warner BrosArtis peran dari Israel Gal Gadot dalam film Wonder Woman
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Walaupun film Wonder Woman masih diputar di bioskop, seorang profesor fisika tidak bisa menghentikan kekagumannya terhadap karakter superhero wanita yang diperankan oleh Gal Gadot tersebut.

Menggunakan rumus fisika, Rhett Allain, seorang Associate Professor dari Southeastern Louisiana University mengulas bagaimana Wonder Woman dapat menangkis peluru hanya dengan gelang.

Menurut dia, hal pertama yang harus Anda ketahui untuk menjelaskan kemampuan tersebut adalah momentum, hasil perkalian dari massa sebuah obyek dengan kecepatannya.

Ketika dua obyek bertumbukkan, masing-masing objek saling mendorong untuk waktu yang sama sehingga perubahan momentumnya nol atau momentumnya kekal. Namun, bila salah satu objek berukuran lebih kecil, maka perubahan kecepatannya menjadi lebih tinggi, walaupun perubahan momentumnya sama.

“Nah, misalnya sebuah bola golf bergerak menuju bola baket yang tidak bergerak dan mental ke arah sebaliknya. Dengan mengetahui perubahan momentum dari bola golf, aku bisa menentukan kecepatan dorongan mundur dari bola basket karena momentumnya pasti kekal,” tulis Allain.

Dengan hukum tersebut, Allain pun menghitung kecepatan dorongan mundur Wonder Woman ketika menangkis peluru di atas permukaan es yang licin.

Rhett Allain Rumus perubahan momentum

Bila sebuah peluru memiliki massa 4,2 gram dan kecepatan 965 meter per detik, maka perubahan momentum yang dikalkulasikan menggunakan rumus di atas adalah 8,1 kilogram*meter per detik dan Wonder Woman (yang dalam kalkulasi Allain hanya 50 kilogram) akan terdorong mundur dengan kecepatan 0,162 meter per detik.

“Kecepatan ini sangat lambat dan dia berada di atas permukaan es licin yang dalam filmnya tidak demikian. Jadi, sebuah peluru yang mengenai gelang hanya bisa mendorong Wonder Woman sedikit (di atas es) dan tidak sama sekali jika dia berada di tanah biasa,” tulis Allain.

Bila peluru dari senapan bukan masalah, bagaimana bila peluru ditembakan dengan senapan mesin? Untuk sederhananya, Allain mengalkulasikannya dengan kecepatan dan massa peluru yang sama, tetapi ditembakkan dengan kecepatan 500 peluru per menit.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X