Kompas.com - 13/05/2017, 16:08 WIB
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Hiu terdampar tampaknya menjadi fenomena yang umum ditemukan di berbagai belahan dunia. Setelah tiga mayat hiu putih terdampar di pantai Cape Barat, Afrika Selatan tanpa hati, kini warga sekitar teluk San Francisco mendapati ratusan mayat hiu leopard terdampar di pantai mereka.

(Baca juga: 3 Hiu Terbunuh dan Hati Mereka Hilang, Siapa Pelakunya?)

Namun, bila kematian tiga hiu tersebut disebabkan oleh sesama hewan, para pakar hiu berkata bahwa kematian ratusan hiu di San Francisco secara tidak langsung disebabkan oleh manusia.

Dilansir dari San Francisco Chronicle 5 Mei 2017, para pakar percaya bahwa hiu-hiu leopard di perairan tersebut terkena racun yang terdapat pada rawa air asin dan gerbang laguna buatan di kota Foster dan kota Redwood.

Sean Van Sommeran, ketua eksekutif dan pendiri Pelagic Shark Research Foundation menjelaskan, hiu leopard biasanya datang ke perairan dangkal untuk berpasangan dan melahirkan ketika musim semi dan musim panas tiba.

Namun, ketika air surut, kota Foster dan kota Redwood menutup gerbang air mereka dan memerangkap hiu-hiu tersebut dalam laguna buatan. Jamur lalu tumbuh karena air menjadi stagnan dan meracuni mereka.

Walaupun kejadian ini bukan kali pertama dan kematian masal hiu pernah mencapai angka 1000 pada tahun 2011, tetapi para pakar merasa khawatir terhadap masa depan spesies tersebut.

“Mereka adalah hiu-hiu yang indah dan merupakan spesies khas California dan Teluk San Francisco,” kata Van Sommeran.

Dia melanjutkan, jumlah hiu leopard telah menurun drastis sejak 1950-an. Dulu, mereka berukuran 1,5 hingga 1,8 meter. Namun, sekarang sangat sulit untuk menemukan yang berukuran 1,2 meter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.