Mitos Terbesar tentang Gigitan Mematikan Komodo, Jangan Lagi Dipercaya

Kompas.com - 04/05/2017, 15:31 WIB
Satwa endemik Komodo (Varanus komodoensis) di Pulau Rinca, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Senin (4/6/2012).   KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZESSatwa endemik Komodo (Varanus komodoensis) di Pulau Rinca, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Senin (4/6/2012). KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES

KOMPAS.com - Pada tahun 1969, ahli biologi Amerika bernama Walter Auffenberg datang ke Indonesia untuk meneliti Komodo (Varanus komodoensis), hewan yang kerap dikatakan kadal terbesar di dunia.

Auffenberg mengamati perilaku hewan berukuran sekitar 3 meter itu dan memublikasikan hasil risetnya dalam buku yang diterbitkan tahun 1981.

Buku itu memang memuat banyak pengetahuan tentang komodo. Namun pada saat yang sama, buku itu juga memuat mitos yang masih banyak dipercaya hingga kini: komodo mematikan karena punya mulut kaya bakteri.

Sejumlah penelitian terbaru mengungkap, hal yang banyak termuat dalam buku teks, film dokumenter, dan pengumuman di kebun binatang itu salah dan tidak didasari hasil penelitian yang kuat.