Sungguh Indonesia Negeri Petir, Ini Buktinya...

Kompas.com - 27/04/2017, 20:53 WIB
Peta Sebaran Petir Indonesia Maret 2017 BMKGPeta Sebaran Petir Indonesia Maret 2017
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Indonesia negeri rawan petir. Tidak percaya? Peta sebaran petir Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bisa menjadi buktinya.

Bulan Maret 2017, Indonesia jika ditotal mengalami ratusan ribu petir. Di Jawa Barat dan DKI Jakarta saja, total kejadian petir mencapai lebih dari 60.000.

Demikian juga bulan Februari 2017. Kejadian petir di DKI Jakarta dan sekitarnya lebih dari 60.000 dan di Jawa Barat antara 45.000 dan 60.000.

Baca Juga: Apa Kehebatan Petir Sehingga Bisa Membunuh Banyak Orang Sekaligus?

Wilayah lain dengan tingkat kejadian petir tinggi pada Februari dan Maret tahun ini adalah Medan, Sumatera Selatan bagian barat, dan Sulawesi Tenggara.

Peneliti petir dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Syarif Hidayat, mengungkapkan, sebagai negara tropis, tingkat kejadian petir di Indonesia memang tinggi.

"Bisa 24 kejadian per kilometer per hari. Sebagai perbandingan, Florida yang di Amerika Serikat tertinggi hanya 12," katanya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (27/4/2017).

Wilayah Indonesia dengan tingkat kejadian petir tinggi misalnya Depok dan Bogor. Sebabnya, dua wilayah itu berada di lereng gunung dan dekat laut.

Di lereng gunung dan dekat laut, konveksi berlangsung cepat dan membentuk awan kumulonimbus sehingga potensi petir tinggi.

Baca Juga: Antena TV Tingkatkan Potensi Sambaran Petir, Ini Penjelasannya

Wilayah lain yang punya tingkat kejadian petir tinggi adalah yang berada di dekat selat. "Misalnya Riau dan Jambi," kata Syarif.

Di wilayah selat yang area perairannya relatif sempit, konveksi cepat dan menyebar ke daratan sekitarnya sehingga tingkat petir tinggi.

Berada di negeri petir, warga Indonesia harus mewaspadai bila tak ingin tersambar. Sejumlah langkah sederhana bisa dilakukan untuk mengantisipasi petir.

Misalnya, tidak memasang antena TV terlalu tinggi, memasang obyek penangkal petir di sekitar rumah, dan tidak berada di wilayah terbuka saat hujan.

Sama seperti gempa, tsunami, dan fenomena alam lainnya, petir bisa memicu bencana. Tapi, potensi manusia menjadi korban akan lebih kecil bila mewaspadainya.

Baca Juga: Aneh Tapi Nyata, Sambaran Petir Bisa Membuat Kulit Manusia Bertato



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X