Kompas.com - 25/04/2017, 21:05 WIB
Rekosntruksi wajah manusia Flores atau The Hobbit. Susan Haves/University of WollongongRekosntruksi wajah manusia Flores atau The Hobbit.

KOMPAS.com - Manusia Flores atau "The Hobbit" (Homo floresiensis) yang ditemukan fosilnya pada tahun 2003 berasal dari Afrika, bukan hasil evolusi dari manusia Jawa (Homo erectus).

Setidaknya, itulah hasil studi yang dilakukan ilmuwan Australia National University (ANU) dan dipublikasikan di Journal of Human Evolution bulan ini.

Hobbit menuai kontroversi sejak penemuannya. Sejumlah ilmuwan menganggap, jenis itu adalah manusia modern yang mengalami kelainan. Lainnya menganggap manusia setinggi 1,1 meter itu jenis berbeda dan evolusi Homo erectus.

Baca Juga: Menggugat Misteri Si Kerdil Hobbit

Lewat studinya, Debbie Argue dari Sekolah Arkeologi dan Antropologi ANU dan tim menganalisis tengkorak, rahang, gigi, kaki, lengan, dan bahu.

"Kami ingin melihat apakah Homo floresiensis benar-benar turunan dari Homo erectus," kata Argue seperti dikutip Physorg, Jumat (21/4/2017).

"Kami menemukan, jika Anda berusaha menghubungkannya dan melihat kekerabatannya, Anda akan mendapatkan hasil yang tak mendukung hipotesis. Semua tes menyatakan tidak pas," imbuhnya.

Salah satu contohnya, Homo floresiensis punya rahang yang lebih primitif dari Homo erectus. Ia mengatakan, jika Hobbit keturunan manusia Jawa, seharusnya rahangnya lebih modern.