Kompas.com - 12/04/2017, 19:02 WIB
Paphiopedilum bungebelangi Destario MetusalaPaphiopedilum bungebelangi
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Dua anggrek cantik ditemukan di Aceh. Keduanya hidup di hutan belantara ekstrem di pegunungan berketinggian antara 1.300 - 1.600 meter di atas permukaan laut.

Anggrek itu punya karakter unik. Bila bibir manusia berbentuk menyerupai hati, maka bibir bunga ini berbentuk kantung.

Warnanya bibirnya pun menarik. Salah satu jenis yang ditemukan, Paphiopedilum bungebelangi, memiliki bibir berwarna merah marun.

Baca: Anggrek Baru dari Kalimantan, Punya Cula!

 

Sementara itu, bagian benang sari yang steril dan berupa lembaran atau staminodium-nya, berbentuk elips hingga menyerupai lingkaran dengan torehan cukup dalam di ujungnya.

Karena kecantikan itulah, maka Destario Metusala sebagai peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang menemukannya, menamainya bungabelangi. Dalam bahasa Gayo, bungabelangi berarti bunga yang cantik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Destario Metusala Paphiopedilum lunatum
Jenis lain yang ditemukan adalah Paphiopedilum lunatum. Anggrek jenis ini punya bibir bunga yang berwarna coklat kehijauan.

Kekhasan bunga tersebut adalah staminodium yang berbentuk bulan sabit. Karena kekhasan itu, maka spesies itu mendapatkan nama lunatus, berarti bulan sabit.

Taksonom anggrek Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang menemukan, Destario Metusala, mengungkapkan, anggrek itu termasuk dalam genus Paphiopedilum, punya nilai konservasi tinggi.

Baca: Katak Baru dari Sulawesi Mengejutkan Dunia karena Bisa Melahirkan

 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.