Kompas.com - 31/01/2017, 10:03 WIB
ilustrasi Shutterstockilustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Di dunia di mana hampir semuanya bisa diproduksi, dibangun kembali dan didesain ulang, para ilmuwan masih tidak dapat menciptakan darah buatan. Ini berarti orang yang membutuhkan transfusi darah masih harus bergantung sepenuhnya pada sumbangan darah orang lain.

Sayangnya, sumbangan yang ada masih belum mampu mengimbangi kebutuhan darah di berbagai tempat.

Berikut adalah beberapa fakta menarik dan mengkhawatirkan tentang donor darah yang mungkin bisa membuat Anda lebih tertarik untuk menyumbangkan darah Anda.

1. Baik Untuk Jantung

Aliran dan volume darah merupakan faktor penting menjaga detak jantung. Itu sebabnya, mendonorkan darah dengan teratur sebenarnya dapat meningkatkan kesehatan jantung, kata DeChristopher, M.D., Ph.D., direktur bank darah Loyola University Health System.

Menurut Blood Flow Online, menyumbangkan darah secara teratur dapat membantu mengurangi kekentalan darah, sehingga memungkinkan darah mengalir lebih mudah melalui pembuluh darah dan mencapai jantung dengan lebih cepat.

2. Menurunkan Risiko Kanker

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menyumbangkan darah dapat mengurangi risiko kanker. Zat besi, salah satu mineral utama dalam darah, dikenal dapat meningkatkan jumlah kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh.

Sebuah studi tahun 2008 menemukan bahwa mendonorkan darah membantu mengurangi simpanan zat besi, sehingga mengurangi risiko kanker secara keseluruhan.

3. Menurunkan Berat Badan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.