6 Cara Alami Redakan Nyeri Menstruasi

Kompas.com - 10/01/2017, 21:07 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Sebagai wanita, kita semua tahu bahwa datangnya periode bulanan tak selalu menyenangkan. Kram, nyeri, perut seperti berdenyut dan suasana hati tidak stabil seakan berlomba bermunculan.

Menurut Mayo Clinic, rahim berkontraksi untuk membantu mengeluarakn lapisan dinding rahim yang luruh selama periode haid berlangsung.

Hormon prostaglandin, yang terlibat dalam rasa sakit dan peradangan, adalah yang memicu kontraksi otot rahim itu. Kontraksi inilah yang menyebabkan sakit dan kram menstruasi.

Beberapa wanita bahkan mengalami kram yang amat sangat, sehingga tidak mampu melakukan aktivitas sehari-hari dengan normal.

Untunglah, ada cara-cara sederhana untuk mengatasi nyeri dan kram itu. Berikut adalah enam tindakan praktis pereda kram yang bisa Anda lakukan di rumah.

1. Olahraga

Ini mungkin terdengar sedikit gila. Ketika hampir tidak bisa bergerak, Anda diminta berolahraga. Namun, berjalan kaki atau jenis aktivitas fisik lainnya, benar-benar dapat membantu meringankan sakit perut Anda.

Ketika beraktivitas fisik, tubuh Anda memompa lebih banyak darah. Ini membantu melepaskan hormon endorfin untuk melawan efek prostaglandin sehingga nyeri kram Anda berkurang.

2. Kompres hangat

Hangat membantu mengendurkan kontraksj otot-otot rahim Anda. Ada banyak jenis kompres panas yang bisa Anda beli di apotik tapi yang paling sederhana adalah Anda membuatnya sendiri di rumah. Celupkan kain bersih ke dalam air hangat lalu terapkan ke perut Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X