Kompas.com - 13/12/2016, 12:26 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Menurut laporan Pancreatic Cancer Action Network, pada bulan Agustus 2012, kanker pankreas menjadi penyebab kematian terkait kanker nomor tiga.

Pada tahun 2020, diperkirakan kanker pankreas akan menjadi penyebab kematian terkait kanker nomor dua.

Jika terdeteksi sejak dini, sebelum menyebar, kanker pankreas dapat diobati. Hampir 25 persen pasien yang terdeteksi dini, memiliki tingkat kelangsungan hidup selama kurang lebih lima tahun.

Sayangnya, kebanyakan kanker pankreas tidak diketahui sejak awal, sebagian karena tidak ada tes untuk deteksi dini yang dapat diandalkan dan sebagian lagi karena gejala kanker pankreas sering tidak jelas dan tidak spesifik.

Peningkatan kesadaran terhadap faktor risiko dan pengenalan gejala, dapat membantu mendeteksi banyak kasus sebelum menjadi parah dan membalikkan tren yang sekarang kita alami.

Tanda dan Gejala Kanker Pankreas

Kanker pankreas stadium dini bisa terjadi tanpa gejala atau hanya menimbulkan gejala yang samar-samar yang serupa dengan gejala sejumlah penyakit lain.

Namun, jika Anda mengalami satu atau lebih gejala berikut, Pancreatic Cancer Action Network menganjurkan Anda untuk segera berbicara dengan dokter:

- Nyeri konsisten (biasanya di perut atau punggung)

- Berat badan turun

- Kulit gatal dengan penyakit kuning (kulit atau mata menguning)

- Kehilangan selera makan

- Mual dan muntah

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.