Kompas.com - 29/11/2016, 17:51 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Musim hujan dan cuaca dingin memberikan tantangan tersendiri bagi orang-orang dengan arthritis. Nyeri sendi semakin sering muncul dan rasa sakitnya nyaris tak tertahankan.

Bila Anda memiliki arthritis, olahraga atau tetap aktif bukanlah suatu pilihan, melainkan penting untuk terus dilakukan.

"Benar-benar penting bagi orang-orang dengan arthritis untuk tetap aktif secara fisik," kata Patience White, MD, profesor kedokteran dan pediatri di George Washington University. "Untuk kesehatan sendi, Anda harus bergerak agar jaringan di sekitar sendi menjadi kuat."

Tapi banyak orang dengan nyeri arthritis cenderung tidak berolahraga. Ada satu studi yang mengatakan, hanya 13 persen dari laki-laki dan delapan persen wanita dengan arthritis yang berolahraga sesuai rekomendasi ahli (setidaknya 150 menit seminggu).

Dorongan untuk duduk saja di rumah semakin kuat saat cuaca sedang dingin dan sebenarnya ini membuat nyeri sendi menjadi lebih buruk. Ketika cuaca berubah, jaringan di sekitar sendi bertambah luas, menambah tekanan pada sendi sehingga menambah derajat rasa sakit.

Tip agar tetap aktif di musim dingin

1. Berjalan-jalan di mal.

Terlalu dingin untuk berjalan di udara luar, apalagi jika sedang hujan? "Mal ini tempat yang bagus untuk berjalan-jalan karena udaranya lebih hangat dibanding di luar. Meski memakai AC, banyaknya manusia yang ada di dalam mal membuat cuacanya lebih hangat," kata Irene Blanco, MD, profesor kedokteran di Albert Einstein College of Medicine dan rheumatologist di Montefiore Medical Center.

2. Berenang di dalam ruangan.

Berenang adalah latihan yang sangat baik bagi orang-orang dengan nyeri arthritis, karena tekanan air membuat sendi lebih mudah digerakkan dan dapat meningkatkan jangkauan gerak Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.