Maaf Albert Einstein, Tuhan Memang "Bermain Dadu"...

Kompas.com - 09/11/2015, 19:47 WIB
Albert Einstein. BBCAlbert Einstein.
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — Apakah Tuhan bermain dadu? Riset terbaru membuktikannya. Namun, bermain dadu di sini hanya perumpamaan.

Dalam sebuah eksperimen yang mengagumkan, ilmuwan membuktikan salah satu klaim fundamental dalam fisika kuantum bahwa benda atau partikel yang terpisah jauh tetap dapat memengaruhi satu sama lain.

Hasil penelitian itu menggugat salah satu pandangan lama dalam fisika yang disebut "lokalitas" bahwa sebuah benda atau partikel hanya bisa dipengaruhi oleh sekelilingnya.

Lebih lanjut, riset yang diterbitkan di jurnal Nature pada 21 Oktober 2015 itu juga menggugat pandangan Albert Einstein bahwa harus ada "spooky action" sehingga dua partikel yang terpisah jarak bisa saling memengaruhi.

Sederhananya, gugatan ini terkait dengan perkembangan fisika kuantum, cabang fisika yang mengurus dinamika di tingkat partikel.

Dahulu, pada masa awal perkembangan fisika kuantum, ada pandangan yang mengatakan bahwa dua obyek yang terpisah jauh bisa saling memengaruhi alias "entangled".

Ibaratnya, kalau ada elektron yang ada di rumah kita, elektron itu bisa memengaruhi elektron di ujung semesta sana jika memang ada yang bisa disebut ujung semesta.

"Entanglement" ini terjadi ketika pasangan dua atau beberapa partikel yang terpisah jarak sehingga partikel-partikel itu tidak bisa dideskripsikan secara independen, tetapi sebagai satu sistem.

Nah, Einstein tidak suka dengan gagasan itu. Ia mengungkapkan, tak mungkinlah dua obyek yang terpisah jarak saling memengaruhi. Itu terlalu random, bak Tuhan bermain dadu.

Banyak ilmuwan berusaha menghapus keraguan Einstein. Sejak tahun 1970-an, ilmuwan melakukan eksperimen untuk membuktikan adanya "entanglement" antara dua benda yang terpisah jarak.

Riset terbaru yang dilakukan oleh Ronald Hanson dari Kavli Institute of Nanoscience di Delft University of Technology di Belanda kali ini adalah yang diklaim paling mampu membantah Einstein.