Kompas.com - 24/03/2015, 12:19 WIB
Dua astronot kembar identik Scott Kelly (kiri) dan Mark Kelly. AFPDua astronot kembar identik Scott Kelly (kiri) dan Mark Kelly.
EditorTri Wahono


KOMPAS.com — Dua astronot kembar identik berharap bisa memberikan pemahaman yang lebih baik bagi Badan Antariksa AS (NASA) mengenai dampak perjalanan jarak jauh di antariksa terhadap tubuh manusia.

Keduanya akan terlibat dalam eksperimen yang baru pertama dilakukan. Para ilmuwan berharap bisa mempelajari lebih banyak lagi mengenai dampak antariksa pada tubuh manusia untuk menyiapkan penerbangan panjang ke Mars.  

Kepala Program Riset Manusia di NASA Dr John Charles mengatakan, timnya akan membandingkan kedua astronot, Mark dan Scott Kelly, selama setahun penelitian. Salah satu di antaranya terbang ke ruang angkasa, sementara satu lagi tetap di Bumi.

"Ini merupakan kesempatan baik untuk membandingkan langsung dua orang kembar identik. Ini juga merupakan cara untuk memanfaatkan teknologi medis abad ke-21 untuk memahami apa yang terjadi pada manusia dalam penerbangan antariksa jarak jauh," kata Charles.

Astronot Scott Kelly akan tinggal selama setahun di Stasiun Antariksa Internasional (ISS) yang bakal jadi rekor terlama bagi astronot NASA tinggal di ruang angkasa. 

Sementara itu, saudara kembarnya, Mark Kelly, yang menikah dengan mantan anggota Kongres AS, Gabby Giffords, akan berada di darat dan bertindak sebagai pengontrol dalam eksperimen dan analisis fisik eksperimen NASA itu.

Scott Kelly mengatakan, eksperimen itu akan membantu para periset untuk mempelajari dampak negatif antariksa terhadap fisik manusia, dan berharap bisa menemukan cara untuk mengurangi dampak-dampak itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selama dalam program Antariksa Internasional itu, Scott akan melakukan sejumlah eksperimen serta menjalani tes-tes medis.

Scott akan terbang ke ruang angkasa pada hari Jumat (27/3/2015) menggunakan wahana Soyuz dari Kazakhstan. Scott Kelly akan bergabung di stasiun antariksa internasional dengan kosmonot Rusia, Mikhail Kornienko, yang juga akan tinggal di sana selama setahun. (Jeff Custer).



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.