Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wahana India Ungkap Kemegahan Gunung Raksasa di Mars

Kompas.com - 09/03/2015, 13:51 WIB

KOMPAS.com - Mengorbit planet Mars sejak September 2014, wahana Mars Orbiter Mission (MOM) milik India berhasil memotret kemegahan gunung dorman raksasa, Arsia Mons.

MOM memotret Arsia Mons dari ketinggian 16 kilometer dari permukaan Planet Merah dengan instrumen Mars Orbiter Laser Altimeter (MOLA) yang dimilikinya. Hasil fotonya kemudian diolah oleh Indian Space Research Organisation (ISRO) menghasilkan citra 3D Arsia Mons.

Citra beresolusi 556 meter per piksel menunjukkan secara utuh puncak, kawah dan lereng gunung setinggi 10.707 meter tersebut. Deposit vulkanik tampak di bagian lereng gunung itu.

Foto yang dihasilkan India menjadi citra 3D Arsia Mons kedua setelah citra sebelumnya dihasilkan oleh wahana Mars Express milik Badan Antariksa Eropa.

ISRO Citra Valles Marineris Canyon, salah satu ngarai terbesar di Tata Surya.

Arsion Mons cuma salah satu fitur permukaan Mars yang dipotret MOM. Dengan instrumen Mars Colour Camera (MCC), MOM juga memotret salah satu ngarai terbesar di Tata Surya, Valles Marineris Canyon. Ngarai itu membentang sepanjang 4.000 kilometer.

Citra Valles Marineris Canyon dihasilkan lewat pemotretan dari ketinggian 24.000 kilometer. Dengan resolusi 1,2 kilometer per piksel, citra menunjukkan bagian ngarai yang disebut Eos Chaos dan retakannya.

ISRO Citra bulan Mars, Phobos (bulatan hitam), dengan latar permukaan Planet Merah.

Terakhir, MOM juga mengabadikan bulan Mars yang memiliki diameter 22 kilometer, Phobos. Bulan itu tampak sebagai siluet di muka citra permukaan Mars.

MOM adalah salah satu wahana berbiaya murah di yang dikembangkan oleh India dan memicu decak kagum dunia. Meski murah, wahana itu tetap punya misi besar, diantaranya menguak keberadaan molekul pendukung kehidupan di planet tetangga terdekat Bumi itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com