Kompas.com - 12/02/2015, 16:38 WIB
Dua gading gajah Sumatera (Elephas maximum sumatranus) yang disita Polda Riau sebagai bukti aksi mafia pemburu gading gajah yang diringkus pada Selasa (10/2/2015). Tribun PekanbaruDua gading gajah Sumatera (Elephas maximum sumatranus) yang disita Polda Riau sebagai bukti aksi mafia pemburu gading gajah yang diringkus pada Selasa (10/2/2015).
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — Penyidik Polda Riau kembali menemukan enam gading gajah dari tangan mafia pemburu gading gajah sumatera yang ditangkap pada Selasa (10/2/2015) kemarin.

Gading temuan tersebut merupakan hasil pengembangan penyidikan dan olah TKP yang dilakukan, Rabu (11/2/2015) kemarin, di Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis.

"Hasil interogasi, mereka mengaku melakukan pembunuhan gajah tiga hari sebelumnya di Pelalawan di Taman Nasional Teso Nilo (TNTN). Ada tiga (tiga pasang, red) yang diambil gadingnya. Jadi, barang bukti ada enam buah," kata Kabid Humas Polda Riau Guntur Aryo Tejo, Kamis (12/2/2015), di Direskrimsus Polda Riau.

Dengan tambahan itu, jumlah gading gajah yang disita dari para mafia itu sudah sejumlah delapan buah.

Selasa (10/2/2015) kemarin, Polda Riau telah mengamankan dua gading gajah seberat 40 kilogram. Pemburu gajah ditangkap dan dinyatakan sebagai tersangka. Mereka adalah FA (50), HA (40), R (37), MU (52), S (30), I (25), dan AS (50). Mereka terancam hukuman lima tahun penjara dan denda Rp 200 juta.

Diduga, gading akan dijual ke luar negeri. Polda Riau menaksir, dari dua gading gajah saja, nilainya bisa mencapai Rp 400 juta.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.