Kompas.com - 11/08/2014, 18:13 WIB
Supermoon diabadikan dari Stasiun Luar Angkasa Internasional pada Senin (11/8/2014) dini hari. Oleg Artemyev/RoscosmosSupermoon diabadikan dari Stasiun Luar Angkasa Internasional pada Senin (11/8/2014) dini hari.
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — Fenomena supermoon tak hanya menarik kalangan awam di bumi untuk mengabadikannya. Astronot yang sedang bertugas di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pun tergoda memotret kejadian yang sebenarnya biasa itu.

Oleg Artemyev, astronot dari Rusia, memotret supermoon dari ISS beberapa saat sebelum bulan tenggelam dari pandangannya. Ia kemudian mengunggah foto-foto hasil jepretannya di akun Twitter-nya.

Oleg Artemyev/Roscosmos Supermoon diabadikan dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada Senin (11/8/2014) dini hari.

Supermoon memang akan tampak sama dilihat dari bumi maupun luar angkasa. Namun, latar foto bulan hasil jepretan Artemyev itu spektakuler. Bulan yang kemerahan tampak berlatar langit yang hitam serta bumi yang kebiruan.

Menjelang tenggelam, dalam foto, bulan tampak seolah-olah akan mendarat di permukaan bumi. Warna bulan berubah menjadi putih serta tampak masuk dalam atmosfer bumi yang kebiruan.

Oleg Artemyev/Roscosmos Supermoon menjelang tenggelam pada Senin (11/8/2014) diabadikan dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Supermoon pada Minggu (10/8/2014) adalah supermoon kedua yang terjadi sepanjang tahun 2014. Supermoon ini juga merupakan yang terbesar tahun ini. Jarak antara bumi dan bulan saat supermoon Minggu malam adalah 357.000 kilometer.

Supermoon dalam astronomi dikenal dengan "Bulan Perigee". Supermoon tidak terkait dengan bencana seperti gempa bumi dan banjir. Supermoon akan datang lagi pada 9 September 2014 nanti.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.