Ditemukan 34 Motif Lukisan di Dinding Goa Harimau

Kompas.com - 29/05/2014, 09:57 WIB
Lukisan di dinding Goa Harimaudi Desa Padang Bindu, Semidang Aji, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan berhasil mengangkat puluhan kerangka individu homo sapiens KOMPAS/A BUDI KURNIAWANLukisan di dinding Goa Harimaudi Desa Padang Bindu, Semidang Aji, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan berhasil mengangkat puluhan kerangka individu homo sapiens
|
EditorKistyarini

OGAN KOMERING ULU, KOMPAS.com - Hingga ekskavasi terakhir bulan Mei ini, Tim Penelitian Goa Harimau menemukan 34 motif lukisan di dinding Goa Harimau, Desa Padang Bindu, Semidang Aji, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan.

Diduga kuat, keberadaan lukisan-lukisantersebut merupakan bagian dari ritual penguburan di goa tersebut.            

“Kami menduga lukisan-lukisan ini adalah bagian dari ritual penguburan di goa ini. Di lantai goa ini kami telah mengekskavasi 78 kerangka individu homo sapiens,” kata Ketua Tim Penelitian Goa Harimau dari Pusat Arkeologi Nasional Adhi Agus Oktaviana, di Ogan Komering Ulu, Kamis (29/5/2014).           

Lukisan dinding Goa Harimau sebagian besar didominasi warna merah dengan motif duri ikan, motif lingkaran, motif kotak-kotak dan zig zag serta guratan-guratan tak beraturan yang sudah mulai pudar warnanya.

“Di goa ini kami hanya menemukan motif yang pada umumnya berbentuk geometris saja. Kemungkinan besar lukisan-lukisan ini berfungsi sebagai alat penanda ritual penguburan yang berlangsung berkali-kali. Yang menarik, selama ini tak pernah ditemukan lukisan dinding goa di Sumatera,” kata Adhi.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X