Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/02/2014, 10:41 WIB
Dr. Andreas Prasadja, RPSGT *

Penulis

Sumber Kompasiana

KOMPAS.com - Belakangan kita saksikan bagaimana gaya hidup sehat dan hobi gadget menyatu dalam bentuk aplikasi atau gelang-gelang pemantau kebugaran (fitness trackers). Merek-mereknya pun beragam, dan semua bisa dihubungkan dengan aplikasi di telepon cerdas. Sebut saja jawbone up, nike+, fitbit, dan lain-lain.

Pada dasarnya, alat ini akan merekam aktivitas seseorang, terutama saat berolah raga. Ada laporan kecepatan, jarak yang ditempuh bahkan hingga perkiraan kalori yang dikeluarkan.

Yang menarik, seiring dengan bangkitnya kesadaran akan kesehatan tidur, laporan yang diberikan juga berupa durasi tidur, kecukupan tidur, bahkan merek tertentu memberikan laporan tahapan tidur. Berapa lama kita tidur dalam, atau berapa lama kita tidur ringan. Tapi benarkah laporan tersebut? Seberapa akurat?

Lewat tulisan ini saya akan coba ulas sedikit. Tulisan ini juga sebenarnya jawaban saya atas beberapa pertanyaan teman yang mengirimkan gambar laporan tidurnya lewat sosial media.

Gelang pemantau kebugaran

Sebenarnya, bagaimanakah gelang pemantau ini bekerja? Sensor utamanya bernama accelerometer, berupa sensor yang membaca gerakan. Setiap gerakan, kecepatan, arah dan jarak yang ditempuh direkam dan dilaporkan.

Berdasarkan gerakan dianggap dapat diprediksikan pula seseorang tidur atau tidak. Sementara beberapa produk memprediksikan kedalaman tidur berdasarkan gerakan, hingga dalam pelaporan kedalaman tidur dibagi menjadi tidur ringan.

Masalahnya, gelang-gelang ini kurang akurat. Gerakan manusia sepanjang tahapan tidur hampir sama. Tahapan tidur pun bukan hanya tidur dalam dan ringan saja.

Tidur manusia

Kedokteran tidur juga menggunakan teknologi accelerometer ini untuk melihat pola tidur, namanya actigraphy. Tapi alat serupa jam tangan ini pun hanya digunakan untuk melihat pola, bukan durasi tidur, terlebih tahapan tidur. Karena kita tahu accelerometer tak bisa diandalkan untuk melihat durasi tidur.

Untuk melihat tidur, kita harus melihat aktivitas gelombang otak saat tidur. Bukan itu saja, parameter lainnya adalah gerakan bola mata dan tegangan otot pada dagu. Untuk melihat semua ini, para ahli menggunakan alat pemeriksaan bernama polisomnografi atau biasa disingkat menjadi PSG.

Sekelompok peneliti dari the West Virginia University, di tahun 2011 telah melakukan perbandingan antara salah satu merk pemantau kebugaran dengan polisomnografi. Hasilnya, alat pemantau kebugaran kelebihan mendata tidur rata-rata 67 menit dibanding PSG.

Tahapan tidur

Berdasarkan gelombang otak tidur dan parameter lainnya, tahapan tidur dibagi menjadi dua kelompok utama yaitu tidur R dan NonR. R merupakan kependekan dari tidur REM, Rapid Eye Movement. Lalu tidur NonR dibagi lagi menjadi tahap N1, N2 dan N3.

Semua tahapan tidur ini berjalan naik turun kecuali N1 yang secara normal hanya ada di awal tidur. Diawali saat menutup mata, pikiran mulai berlompatan dan kita merasa sangat rileks. Kita masih cukup sadar dengan lingkungan sekitar kita, tetapi orang lain melihat kita sudah tertidur.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Kompasiana
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com