Kompas.com - 22/01/2014, 08:20 WIB
Wajah Iapetus, bulan Saturnus, dalam rupa Yin dan Yang. NASAWajah Iapetus, bulan Saturnus, dalam rupa Yin dan Yang.

KOMPAS.com — Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menangkap citra menarik salah satu bulan Saturnus, Iapetus, dengan wahana antariksa Cassini.

Citra itu sebenarnya diambil pada Agustus 2013 tetapi baru dirilis NASA pada Desember 2013. Keunikannya, Iapetus tampak seperti simbol Yin dan Yang.

"Wajah ini merupakan bagian Iapetus yang menghadap ke Saturnus," demikian dinyatakan NASA seperti dikutip Space, Selasa (21/1/2014).

"Bagian utara Iapetus ada di atas dan berotasi 30 derajat ke kanan. Citra diambil dengan basis cahaya tampak dengan kamera narrow-angle pada 30 Agustus 2013," demikian pernyataan NASA.

Beberapa ilmuwan berpikir bahwa dua wajah Iapetus terkait dengan rotasinya yang lambat sehingga bagian gelapnya menyerap lebih banyak panas, butuh waktu lebih untuk memanas.

Material es apa pun yang jatuh ke permukaan panas akan berubah menjadi gas dan kemudian jatuh lagi ke zona yang lebih dingin. Yang gelap makin gelap, yang terang makin terang.

Iapetus pertama kali ditemukan oleh Giovani Cassini pada tahun 1872. Bulan Saturnus ini mempunyai keunikan karena memiliki struktur semacam pegunungan di ekuatornya.

Ilmuwan mengatakan, dahulu, ada tumbukan benda antariksa yang melemparkan sebagian dari Iapetus, membentuk bulan baru yang mengorbitnya.

Debris dari tumbukan itu lalu membentuk bulan baru yang mengorbit Iapetus. Namun, gravitasi Iapetus menarik kembali material itu sehingga membentuk struktur semacam pegunungan.

Hipotesis lain, dahulu Iapetus berputar jauh lebih cepat dari saat ini sehingga struktur itu bisa terbentuk.

Cassini diluncurkan pada tahun 1997 dan sampai di Saturnus pada tahun 2004. Wahana ini akan terus menyelidiki Saturnus dan bulannya hingga tahun 2017.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.