Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obyek Misterius Ditemukan di Cincin Saturnus

Kompas.com - 12/12/2013, 22:33 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com — Sebuah obyek misterius ditemukan di cincin planet Saturnus. Sampai saat ini, astronom belum menyimpulkan jenis obyek tersebut.

Obyek yang berada di cincin A Saturnus itu pertama kali teramati kamera wahana antariksa Cassini pada 15 April 2013. Astronom Carl Murray dari Queen Mary University di London serta anggota dari tim misi Cassini kemudian mengamati beberapa hari berikutnya.

Diberitakan EarthSky, Rabu (11/12/2013), dalam pertemuan American Geophysical Union di San Francisco, Senin (9/12/2013), Murray mengatakan bahwa ia tak pernah melihat ini sebelumnya.

Murray menamakan obyek itu Peggy. Nama tersebut diambil karena saat pertama pengamatan obyek misterius itu, 19 April 2013, bertepatan dengan ulang tahun ke-80 ibu mertuanya. Nama Peggy sekaligus dipakai untuk menghormatinya.

Peggy hanya berukuran 1 km. Dengan demikian, obyek itu tak bisa dikatakan bulan atau moonlet. Untuk menyatakan suatu obyek adalah sebuah bulan, butuh ukuran minimal 10 kali lipat dari Peggy.

Belum ada yang mengetahui apa Peggy sebenarnya. Ada kemungkinan bahwa Peggy merupakan akumulasi dari material cincin. Namun, bisa juga Peggy merupakan bulan yang baru mulai terbentuk. Jika ini benar, maka akan sangat menarik bagi astronom.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com