Kompas.com - 20/01/2014, 11:02 WIB
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — Sebuah batu tiba-tiba muncul di muka kendaraan penjelajah Mars, Opportunity. Ilmuwan mengatakan bahwa asal-usul batu tersebut masih misterius.

Batu itu baru tertangkap pada sol (ukuran hari di Mars) ke-3.540 setelah Opportunity mendarat di Mars atau tepatnya 8 Januari 2014 lalu.

Opportunity telah berada di tempat di mana batu tersebut berada. Namun, hingga sol ke-3.536, batu itu belum tampak.

Steve Squyres dari Cornell University, anggota tim misi Opportunity, memaparkan misteri batu itu pada perayaan 10 tahun wahana tersebut menjelajah Mars, Kamis (16/1/2014).

"Batunya seukuran donat. Itu benar-benar kejutan," kata Squyres yang menamai batu itu Pinnacle Island, seperti dikutip Discovery, Jumat (17/1/2014).

Menurut Squyres, ada dua kemungkinan mengapa batu itu tiba-tiba muncul. Pertama, batu itu terlempar ketika Opportunity membelok.

Kemungkinan kedua, ada tumbukan meteorit di Mars sehingga batu tersebut terlempar dan akhirnya jatuh di depan Opportunity.

"Ini sesuatu yang ada di sekitar lokasi. Saya tekankan saya menebak-nebak. Tetapi, saya pikir ini terjadi ketika kendaraan membelok satu dua meter dari lokasi batuan," kata Squyres.

Opportunity adalah kendaraan penjelajah Mars, "kakak" dari Curiosity. Kendaraan ini telah menjelajah Mars selama 10 tahun.

Awalnya Opportunity hanya ditargetkan menjalankan misi selama 90 sol. Namun, misi terus diperpanjang karena banyaknya penemuan. Adapun satu sol sama dengan 24 jam 37 menit Bumi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.