Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batu Misterius Muncul di Depan Kendaraan Penjelajah Mars

Kompas.com - 20/01/2014, 11:02 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com — Sebuah batu tiba-tiba muncul di muka kendaraan penjelajah Mars, Opportunity. Ilmuwan mengatakan bahwa asal-usul batu tersebut masih misterius.

Batu itu baru tertangkap pada sol (ukuran hari di Mars) ke-3.540 setelah Opportunity mendarat di Mars atau tepatnya 8 Januari 2014 lalu.

Opportunity telah berada di tempat di mana batu tersebut berada. Namun, hingga sol ke-3.536, batu itu belum tampak.

Steve Squyres dari Cornell University, anggota tim misi Opportunity, memaparkan misteri batu itu pada perayaan 10 tahun wahana tersebut menjelajah Mars, Kamis (16/1/2014).

"Batunya seukuran donat. Itu benar-benar kejutan," kata Squyres yang menamai batu itu Pinnacle Island, seperti dikutip Discovery, Jumat (17/1/2014).

Menurut Squyres, ada dua kemungkinan mengapa batu itu tiba-tiba muncul. Pertama, batu itu terlempar ketika Opportunity membelok.

Kemungkinan kedua, ada tumbukan meteorit di Mars sehingga batu tersebut terlempar dan akhirnya jatuh di depan Opportunity.

"Ini sesuatu yang ada di sekitar lokasi. Saya tekankan saya menebak-nebak. Tetapi, saya pikir ini terjadi ketika kendaraan membelok satu dua meter dari lokasi batuan," kata Squyres.

Opportunity adalah kendaraan penjelajah Mars, "kakak" dari Curiosity. Kendaraan ini telah menjelajah Mars selama 10 tahun.

Awalnya Opportunity hanya ditargetkan menjalankan misi selama 90 sol. Namun, misi terus diperpanjang karena banyaknya penemuan. Adapun satu sol sama dengan 24 jam 37 menit Bumi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com