India dan China Sedang "Berperang" di Antariksa

Kompas.com - 02/12/2013, 11:39 WIB
Wahana Chang'e 3 meluncur dari Xichang Satellite Launch Centre di Sichuan, China, Senin (2/12/2013). China DailyWahana Chang'e 3 meluncur dari Xichang Satellite Launch Centre di Sichuan, China, Senin (2/12/2013).
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — India dan China kini sedang "bertarung" di Antariksa. Mereka berlomba untuk menjadi negara Asia yang paling menguasai teknologi keantariksaan.

"Pertarungan" ini setidaknya terlihat pada Minggu (1/12/2013) kemarin. India dan China sama-sama meluncurkan wahana antariksa terbaiknya serta misinya yang ambisius.

Wahana antariksa milik India dengan destinasi Mars, Mangalyaan, diluncurkan pada 5 November 2013. Pada Minggu kemarin, wahana itu benar-benar mulai meninggalkan Bumi.

Mangalyaan diberangkatkan ke Mars dengan orbit ketapel. Dengan cara ini, Mangalyaan harus berada beberapa lama di orbit Bumi.

Alasan menggunakan orbit itu adalah roket yang tak cukup kuat. Di orbit Bumi, Mangalyaan harus meningkatkan kecepatannya hingga pada akhirnya bisa lepas dari gravitasi Bumi.

Indian Space Research Organisation (ISRO) mengatakan bahwa dengan lepasnya Mangalyaan dari orbit Bumi, wahana itu telah memulai perjalanan menuju ke Mars selama 10 bulan.

Diperkirakan, Mangalyaan akan sampai di Mars pada September 2014. Wahana itu bergerak dengan kecepatan 32 km per detik.

Meski baru berhasil lepas dari orbit Bumi, keberhasilan India adalah langkah besar dalam proyek misi antariksa berbiaya rendah.

"Ini adalah titik balik bagi kami. India akan masuk ke ruang angkasa dengan wahana buatan sendiri untuk menunjukkan kemampuan teknologi kami," kata pimpinan ISRO, K Radhakrishnan, kepada Reuters, Minggu.

Mangalyaan dirilis 15 bulan lalu oleh Perdana Menteri India Manmohan Singh. Misi ini dirilis beberapa saat setelah kegagalan misi antariksa China.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X