Kompas.com - 28/08/2013, 17:10 WIB
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - orang tua anak yang duduk di bangku sekolah menengah kini harus membantu anaknya menghafalkan satu unsur lagi. Peneliti dari Lund University mengonfirmasi keberadaan unsur baru di Bumi, unsur yang belum dikenal sebelumnya.

Tim peneliti internasional dipimpin oleh peneliti dari universitas tersebut mengonfirmasi unsur super berat dengan nomor atom 115. Eksperimen untuk mengonfirmasi keberadaan unsur ini dilakukan dilakukan di fasilitas riset GSI di Jerman.

"Ini eksperimen yang sukses dan salah satu yang paling penting di bidangnya," kata Dirk Rudolph, profesor bidang fisika atomik di Lund University yang memimpim penelitian, seperti dirilis Lund University, Rabu (27/8/2013).

Unsur tersebut bersifat sangat radioaktif, eksis hanya dalam waktu kurang dari satu detik sebelum meluruh menjadi atom yang lebih ringan. Dalam riset, peneliti berhasil memproduksi isotop dari unsur tersebut, yang mengalami transformasi menjadi partikel lain lewat proses radioaktif bernama peluruhan alpha.

Dalam penelitian, ilmuwan juga menggali data tentang struktur dan akrakter atom unsur ini. Mereka menumbukkan selapis lipis unsur americium dengan ion kalsium agar mampu mengukur foton (partikel cahaya) dalam hubungannya dengan peluruhan alpha unsur baru ini.

Hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal Physical review Letters mengungkap bahwa energi tertentu dari foton setara dengan energi yang diperkirakan lewat radiasi sinar X. Ini menjadi jejak atau bukti keberadaan dari unsur baru ini.

Meski bukti keberadaan unsur ini telah ditemukan, ilmuwan masih harus melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi lagi. International Union of Pure and Applied Chemistry (IUPAC) akan mengkaji penelitian ini dan akan merekomendasikan perlu atau tidaknya penelitian lebih lanjut sebelum mengakui temuan unsur baru ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.