Kompas.com - 01/08/2013, 22:47 WIB
Dua satelit (bulan) milik Saturnus yang nampak bersamaan, Mimas (besar) dan Pandora, melalui hasil jepretan wahana antariksa Cassini pada 14 Mei 2013. NASADua satelit (bulan) milik Saturnus yang nampak bersamaan, Mimas (besar) dan Pandora, melalui hasil jepretan wahana antariksa Cassini pada 14 Mei 2013.
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — Dua satelit (bulan) milik Planet Saturnus, Mimas dan Pandora, menunjukkan betapa berbedanya ukuran mereka saat berpapasan. Bentuk keduanya tampak dalam hasil foto 14 Mei 2013 lalu yang diambil wahana antariksa Cassini.

Ukuran Pandora yang jauh lebih kecil menunjukkan bahwa ia kurang memiliki gravitasi untuk menarik dirinya sendiri ke bentuk yang lebih bundar seperti saudaranya yang lebih besar, Mimas. Para pakar meyakini bentuk Pandora yang memanjang (sekitar 81 kilometer) menyimpan petunjuk bagaimana ia dan bulan lainnya di sekitar cincin Saturnus terbentuk.

Foto ini diambil dengan cahaya biru dari kamera bersudut sempit milik Cassini. Hasil foto Mimas didapat dari jarak sekitar 1,1 juta kilometer. Skala foto sekitar tujuh kilometer per piksel. Sementara foto Pandora diambil dari jarak 1,2 juta kilometer dengan skala juga tujuh kilometer per piksel.

Misi Cassini-Huygens sendiri merupakan proyek kerja sama antara Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) bersama Agensi Antariksa Eropa (ESA) dan Agensi Antariksa Italia. (Zika Zakiya/National Geographic Indonesia)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.