Perusahaan Spanyol Tawarkan Wisata ke Antariksa dengan Balon

Kompas.com - 11/07/2013, 11:35 WIB
Perusahaan asal Rusia menawarkan wisata murah ke antariksa. Berminat? Apa saja yng bisa dinikmati dalam wisata itu? Sax RohmerPerusahaan asal Rusia menawarkan wisata murah ke antariksa. Berminat? Apa saja yng bisa dinikmati dalam wisata itu?
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Sebuah perusahaan di Spanyol, Eblooni, berencana untuk menawarkan wisata jarak dekat ke luar angkasa mulai tahun 2015.

Eblooni akan membawa wisatawannya mengapung menggunakan balon berteknologi tinggi berbentuk kacang polong yang bisa menampung enam orang, mencakup dua orang pilot dan empat wisatawan.

Mengikuti paket wisata ini, peserta dapat menikmati pemandangan Bumi yang fantastis, merasakan sensasi "kehilangan bobot" karena berada di lingkungan gravitasi mikro sambil menikmati makanan kesukaan jika menyukai.

Kapsul memiliki luas 15 meter persegi dilengkapi jendela yang lebar sehingga wisatawan bisa mengintip pemandangan Bumi ataupun langit dari jendela tersebut.

"Perjalanan akan sangat lembut, tenang dan ramah lingkungan. Penumpang bisa melihat Matahari dan bintang pada saat yang bersamaan. Saat memandang ke bawah, mereka bisa melihat lengkungan bumi," ujar Annelie Schoenmaker dari Zero2Infinity.

"Pengalaman akan banyak diperoleh di pesawat meskipun akan ada jangka waktu sekitar 30 detik ketika penumpang mengalami masa "kehilangan bobot" dan mampu mengapung di sekitar kabin," imbuhnya seperti dikutip Daily Mail, Selasa (9/7/2013).

Pelayanan bisa disesuaikan dengan permintaan konsumen. Konsumen bisa meminta sekat bila menginginkan privasi ataupun meminta makanan yang disukai.

Eblooni adalah gagasan dari pengusaha spanyol, Jose Mariano Lopez-Urdiales, bos perusahaan yang berbasis di Barcelona, Zero2Infinity.

Saat ini, perusahaan tersebut tengah melakukan tes penerbangan dan meningkatkan lebih banyak investasi untuk usaha barunya ini.

Walaupun pada awalnya mungkin hanya akan menargetkan para peneliti sebagai wisatawan, Eblooni ke depan akan membuka kesempatan bagi umum dan keluarga untuk terbang ke antariksa.

Berapa biaya yang diperlukan untuk ikut serta wisata ini? Cukup "murah", hanya dengan 1,5 miliar alias seharga rumah-rumah di pusat kota Jakarta. Bagaimana? Terpikir untuk mendaftar? (Dyah Arum Narwastu)



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X