Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Perempuan Terpilih untuk Menantang Antariksa

Kompas.com - 19/06/2013, 14:49 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com — Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) kembali membuka kelas astronot baru. Delapan orang baru saja terpilih dan yang istimewa, 50 persen atau empat di antaranya adalah perempuan.

Calon astronot terpilih diumumkan pada Senin (17/6/2013), bertepatan dengan perayaan 30 tahun penerbangan astronot perempuan Amerika Serikat pertama, Sally Ride. Calon astronot terpilih mengalahkan 6.100 pendaftar lainnya.

Empat perempuan yang terpilih masuk kelas astronot di antaranya Nicole Aunapu Mann (35), Mayor Angkatan Laut dan pilot F/A 18, serta Anne McClain (34), Mayor di US Army dan pilot helikopter OH-58.

Calon astronot perempuan lain yang terpilih adalah Jessica Meir (35) yang merupakan asisten profesor anestesi di Harvard Medical School dan Christina Hammock (34), Kepala Stasiun National Oceanographic and Atmospheric Administration (NOAA) di American Samoa.

Charles Bolden dari NASA mengatakan, empat calon astronot perempuan tersebut beserta calon astronot laki-laki lainnya akan menerima 64.000 dollar AS hingga 141.000 dollar AS untuk biaya pendidikan.

Selain itu, empat perempuan tersebut juga nantinya akan berperan penting dalam mewujudkan mimpi manusia mendarat di asteroid sekitar tahun 2020-an dan di Mars tahun 2030-an, sesuai target yang ditetapkan Barrack Obama.

Janet Kavandi, direktur operasi penerbangan kru astronot di Johnson Space Center di Houston, seperti dikutip Space, Selasa, mengatakan bahwa para calon astronot terpilih bukan karena jendernya, melainkan murni karena kualifikasinya.

Kami tak pernah menentukan berapa orang setiap jendernya yang akan diambil. Mereka yang terpilih adalah yang paling berkualitas di antara yang kami wawancarai. Mereka berhak ada di sana," kata Kavandi.

Berdasarkan data NASA, hingga saat ini, ada 55 astronot perempuan yang sudah terbang ke antariksa. Enam orang terbang bersama misi Rusia, satu orang terbang bersama misi China, sementara 48 lainnya terbang bersama NASA.

Astronot perempuan pertama adalah Valentina Tereshkova yang terbang dalam misi Vostok 6, 16 Juni 1963. Astronot pertama AS adalah sally Ride yang terbang pada misi STS-7, 17 - 24 Juni 1983. Sementara astronot pertama China adalah Liu Yang, terbang dalam misi Shenzou 9 tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com