Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Ini Suguhkan Pemandangan Terbitnya Bulan Mars

Kompas.com - 03/07/2013, 20:56 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com — Kendaraan antariksa Curiosity milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) yang sedang menjalankan misi di Mars menyajikan pemandangan terbitnya bulan Mars, Phobos, setelah senja di planet tersebut.

Video ini pastinya langka. Tim peneliti misi Curiosity membuat video tersebut berdasarkan 86 gambar yang ditangkap oleh kamera Curiosity yang memotret terbitnya Phobos pada senja di Mars tanggal 28 Juni 2013 lalu.

"Kau ingin Bulan. Ini dia! Lihat footage dari kamera Navcam saya yang menunjukkan terbitnya Phobos," demikian tulis NASA lewat akun Twitter Curiosity pada Senin (1/7/2013) lalu, seperti dikutip Space, Rabu (3/7/2013).

Walau video di atas hanya berdurasi 32 detik, proses terbitnya Phobos di Mars sebenarnya memakan waktu 27 menit. Pada video, lingkaran serupa cincin sebenarnya hanya pengaruh penyebaran cahaya di kamera. Sementara pada video, Phobos tampak bergerak ke atas.

Phobos adalah bulan Mars yang berukuran 22 kilometer, lebih besar dari "saudaranya", Deimos, yang lebih kecil. Banyak ilmuwan berpikir bahwa Phobos dan Deimos mulanya adalah asteroid yang kemudian tertangkap gravitasi mars.

Curiosity telah mendarat di Mars sejak Agustus 2012 lalu. Beragam penemuan telah dihasilkan, mulai dari batu Mars yang mirip batu di Bumi hingga bukti adanya air di Mars. Untuk video terbitnya Phobos, bisa dilihat di bawah ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com