Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/06/2013, 09:22 WIB
Editoryunan

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam kurun waktu 20 tahun, Indonesia memperoleh 103 medali emas, 86 medali perak, dan 129 medali perunggu dari berbagai ajang olimpiade sains di dunia. Tahun ini saja, Indonesia meraih 7 medali emas, 5 medali perak, dan 7 medali perunggu. Murid Indonesia untuk pertama kalinya meraih medali emas tahun 1999 dalam ajang Olimpiade Fisika Internasional Ke-30 di Padova, Italia.

Pendiri Surya Institute sekaligus Rektor Universitas Surya, Yohanes Surya, mengatakan hal itu seusai syukuran Surya Institute, Rabu (12/6/2013), di Jakarta.

”Upaya menjaring murid Indonesia yang cerdas dan berbakat untuk ikut kompetisi fisika secara global itu dimulai 1993. Sejak itu, anak-anak Indonesia selalu dapat medali. Ini membuktikan Indonesia punya potensi besar,” ujarnya.

Pada tahun itu, Surya yang tengah berkuliah di Virginia, AS, memelopori pembentukan Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) yang menjaring murid untuk mengikuti kompetisi Olimpiade Fisika Internasional di Williamsburg, Virginia. Namun tahun itu, Indonesia tidak memperoleh medali. Baru pada 1999, murid Indonesia meraih medali emas.

Pembina tim Indonesia di ajang Asian Pacific Conference of Young Scientists 2013, Syailendra Harahap, menambahkan, sejak bergabung dengan Surya Institute tahun 2006, ia ikut dalam tim pelatihan guru fisika hingga ke pelosok desa agar guru dan siswa terdorong belajar fisika. ”Fisika seharusnya menjadi kekuatan Indonesia,” ujarnya.

Natasha Kristie, siswa kelas XI SMA Cita Hati Surabaya, peraih medali emas Asian Pacific Conference of Young Scientists, awal Mei, di Palembang, menuturkan, berkat gurunya ia terdorong untuk gemar meneliti. (LUK)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+