Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Bahaya Banjir, Hongaria Ungsikan 2.000 Orang

Kompas.com - 08/06/2013, 10:15 WIB

BUDAPEST, KOMPAS.com — Pemerintah Hongaria mengevakuasi lebih dari 2.000 orang dari desa barat Gyorujfalu pada Jumat (7/6/2013) sebagai pencegahan terhadap banjir di sepanjang Sungai Danube.

Puluhan ribu orang telah dievakuasi dan setidaknya 12 orang tewas dalam banjir yang telah melanda Jerman, Austria, Slowakia, Polandia, dan Ceko dalam beberapa hari terakhir.

"Tanggul sejauh ini stabil, tetapi tekanan air sangat tinggi sehingga kami memutuskan untuk mengevakuasi penduduk Gyorujfalu karena pertimbangan keselamatan," kata Perdana Menteri Viktor Orban seperti dikutip kantor berita nasional MTI.

Ia mengatakan, tidak ada permukiman lainnya berpotensi terkena dampak langsung banjir terburuk di negara. Di Hongaria, Sungai Danube merupakan salah satu saluran air utama Eropa.

Banjir diperkirakan akan mencapai puncaknya di Budapest pada Senin (3/6/2013) dengan ketinggian 8,85 meter, di atas rekor 8,6 meter yang pernah terjadi pada tahun 2006.

Pihak berwenang mengatakan bahwa tanggul akan cukup tinggi untuk melindungi kota. Gyorgy Bakondi, seorang juru bicara pemerintah, mengatakan bahwa pemerintah akan terus memperkuat tanggul di Gyorujfalu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com