Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Impor Daging Tetap Digugat

Kompas.com - 30/05/2013, 02:54 WIB

SURABAYA, KOMPAS - Kebijakan pemerintah membuka impor daging sapi dengan melibatkan Bulog dikritik peternak. Mereka berkeinginan agar pemerintah benar-benar memberdayakan peternak di dalam negeri agar produksi bisa meningkat sehingga tidak bergantung pada impor.

Sejumlah peternak yang ditemui Kompas di beberapa daerah mengatakan hal itu, Rabu (29/5).

Ketua Forum Peternak Indonesia Arum Sabil di Surabaya mengatakan, impor tidak perlu, apalagi khusus Jawa Timur setiap tahun mengalami surplus sekitar 150.000 ekor, sehingga banyak daerah seperti Jawa Barat, Jakarta, dan Kalimantan mengambil sapi dari Jatim.

”Peran Bulog untuk mengamankan harga daging tidak akan berhasil karena paling penting peternak lokal diberdayakan sehingga produksi meningkat,” katanya.

Pengendalian harga daging sapi, terutama menjelang Idul Fitri, bukan dengan cara impor meski melibatkan Perum Bulog.

”Tidak ada jaminan Bulog akan mampu mengendalikan harga. Justru membuat peternak makin enggan memelihara sapi karena tidak menguntungkan,” ujar Arum Sabil.

Peternak sapi di Desa Gubug, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Bingan Purwo Suwito, mengatakan, harga sapi potong hingga Rabu masih normal. Harga sapi, yang sebelumnya naik karena pengaturan kuota impor, kini kembali normal.

”Sampai saat ini di daerah kami belum ada kenaikan harga. Biasanya memang mendekati Lebaran harga akan naik tinggi. Tetapi, itu wajar karena permintaan juga tinggi pada waktu yang bersamaan,” kata Bingan.

Meski demikian, harga daging sapi juga ditentukan bagaimana cara pemotongan daging, kualitas daging, dan daerah daging sapi dijual sehingga semakin baik kualitas daging biasanya harganya semakin mahal.

Direktur Eksekutif Asosiasi Produsen Daging dan Feedlot (Penggemukan Sapi) Indonesia Joni Liano saat dihubungi di Bogor, Jawa Barat, mengatakan, karena pembiaran masalah tingginya harga daging sapi cukup lama, harga sapi dalam negeri telanjur terbentuk.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com