Kompas.com - 06/05/2013, 17:14 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Tim dari Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta, Senin (6/5/2013), mendatangi rumah Subur (45), warga Hunian Tetap Pagerjurang, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, yang sebelumnya menemukan batu yang diduga fosil hewan purba. Tim mendatangi lokasi untuk mengamankan batu yang diduga fosil itu.

Kasi Perlindungan Pengembangan dan Pemanfaatan Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta Dra Wahyu Astuti mengatakan, tim sudah datang ke lokasi untuk melihat langsung batu yang diduga fosil.

"Tiga petugas yang datang ke sana, satu dari ahli arkeologi, satu fotografer, dan satu lagi petugas dari Balai Pelestarian Cagar Budaya," terang Wahyu Astuti.

Ia menjelaskan, dari dugaan awal memang batu yang ditemukan adalah fosil binatang. Namun, masih perlu diteliti secara ilmiah. "Sudah kita bawa ke kantor Balai Pelestarian Cagar Budaya dan disimpan di ruang perlindungan," ungkapnya.

Wahyu mengungkapkan, jika benar benda itu fosil, nilainya akan lebih tinggi dibandingkan dengan penemuan-penemuan di daerah lain, termasuk di Sangiran. Menurutnya, hal itu karena daerah penemuan bukan wilayah sebaran fosil.

"Selama ini di lereng Merapi belum pernah ditemukan fosil, dan bukan wilayah fosil," terangnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, tes yang dilakukan oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta guna menentukan jenis fosil, bagian, dan usianya. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kita akan bekerja sama dengan pihak Sangiran untuk meneliti fosil temuan warga ini," katanya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, benda yang diduga fosil binatang berusia ratusan tahun ditemukan di Jurang Kali Opak pada Jumat (3/5/2013) lalu. Subur (45), warga Hunian Tetap Pagerjurang, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, menemukan fosil itu saat dirinya sedang menebang pohon bambu.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.