Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malaysia Mungkin Akan Pinjamkan Badak Sumatera ke Indonesia

Kompas.com - 02/05/2013, 21:00 WIB

KOMPAS.com — Dalam pertemuan tingkat tinggi yang membahas konservasi badak di Singapura pada Maret 2013 diusulkan saran yang tidak biasa, yaitu akan ada peminjaman badak dari Malaysia ke Indonesia.

Ironis bagi Indonesia, badak yang dipinjamkan adalah badak sumatera (Dicerorhinus sumatrensis). Populasi terbesar dan habitat untuk berkembang biak spesies ini seharusnya berada di Sumatera. Namun, rusaknya hutan dan rentetan aktivitas yang tidak berkelanjutan oleh manusia membuat populasi mereka di ujung kepunahan.

Meski demikian, usulan ini masih dalam tahap proses pengajuan proposal. Jika memang disetujui, beberapa badak sumatera milik Malaysia akan dipinjamkan ke fasilitas penangkaran di Tanah Air.

Laurentius Ambu, dari Sabah Wildlife Department, menyatakan bahwa proposal itu akan diajukannya pada Pemerintah Malaysia. Ditambah masukan dari pakar badak mengenai rekomendasi terbaik untuk usaha konservasi spesies ini.

"Bila rekomendasinya meminjamkan badak antarnegara, maka biarlah. Ini adalah usaha terakhir kita untuk menyelamatkan spesies tersebut," ujar Ambu seperti dilansir dari Mongabay, Selasa (30/4/2013).

Novianto Bambang Wawandono, Direktur Konservasi Sumber Daya Hayati dari Ditjen Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam (PHKA) Kementerian Kehutanan, menyatakan, Indonesia akan berkolaborasi dengan Malaysia untuk meraih tujuan yang sama.

Populasi badak sumatera menyusut dengan cepat tiap tahunnya. Saat ini, jumlahnya diprediksi kurang dari 100 individu yang tersebar di hutan Sumatera dan Kalimantan. Selain kehilangan habitat akibat deforestasi dan perkebunan, spesies ini juga sulit menemukan pasangan.

Oleh sebab itu, beberapa pegiat lingkungan setuju dengan konsep menggabungkan badak yang ada di lokasi perlindungan. Hal ini juga disertai bantuan untuk berkembang biak oleh manusia. Dikatakan John Payne, Direktur Eksekutif dari Borneo Rhino Alliance (BORA), kebun binatang ikut berperan dalam proses ini, di mana akan digunakan induk badak pengganti yang akan ditanami embrio badak sumatera. Induk pengganti ini tidak harus dari spesies badak yang sama. "Kita tidak hanya bergantung pada perkembangbiakan alami karena akan terlalu lambat untuk menghentikan target menuju (perburuan) nol badak," ujar Payne. (Zika Zakiya/National Geographic Indonesia)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com