Seperempat Bintang di Bimasakti Menyimpan "Bumi"

Kompas.com - 17/03/2013, 11:16 WIB
Fifi Dwi Pratiwi

Penulis

HAWAII, KOMPAS.com — Berdasarkan data yang diperoleh dari teleskop luar angkasa NASA, Kepler, astronom mengestimasi hampir seperempat bintang yang menyerupai Matahari di Galaksi Bimasakti menjadi induk dari planet-planet yang berukuran 1-3 kali ukuran Bumi.

Fakta ini diungkapkan oleh Geoff Marcy, profesor bidang astronomi di University of California, Berkeley, ketika diskusi di acara WM Keck Observatory 20th Anniversary Science Meeting di Hawaii, Kamis (14/3/2013).

Marcy terkejut karena 23 persen bintang serupa matahari yang ada di Galaksi Bimasakti merupakan bintang induk dari planet-planet seukuran Bumi. Planet mengorbit cukup dekat dengan Matahari, seperti halnya Merkurius.

Marcy menduga, sedikitnya ada 17 miliar planet seukuran Bumi yang ada di dalam galaksi Bimasakti. Estimasi ini dilakukan menggunakan data dari teleskop Kepler.

Di sisi lain, data Kepler menunjukkan bahwa planet berukuran lebih kecil dari Bumi tak banyak. Ia ragu bahwa langkanya planet itu akibat mekanisme penghancuran planet-planet kecil di sekitar bintang. Hal itu lebih dipengaruhi kemampuan alat yang masih terbatas.

"Teleskop Kepler didesain untuk menemukan planet yang seukuran Bumi, bukan yang berukuran lebih kecil dari Bumi," kata Marcy.

"Planet yang lebih kecil dari Bumi lebih sulit dideteksi karena planet-planet itu kurang mampu meredupkan cahaya dari bintangnya. Peredupan itu harus lebih besar dibandingkan dengan noise yang muncul agar sebuah planet dapat diamati," ujarnya seperti dikutip Discovery, Jumat (15/3/2013).

Kepler berhasil menemukan planet berukuran kecil bernama Kepler-37b. Ukuran planet itu lebih kecil dari Merkurius.