Kompas.com - 15/03/2013, 19:28 WIB
Editoryunan

KOMPAS.com — Menyusul kesimpulan bahwa Planet Mars cocok untuk bentuk awal kehidupan, mikroba; para peneliti mengarahkan Curiosity ke misi baru: mencari karbon organik. Namun, misi Curiosity—sebagai robot serba bisa dan penemu sampel adanya kehidupan di Mars—baru bisa dilakukan pada Mei mendatang.

Sebabnya, saat ini komunikasi radio antara Bumi dan Curiosity tengah diblokir akibat posisi Matahari. Operasional Curiosity juga sedikit mengalami kendala komputer.

Jika semua halangan sudah teratasi, maka para peneliti akan menggali sampel lain dari batu yang sudah ditargetkan. Batu itu terletak di dalam Kawah Gale yang dulunya diprediksi kaya akan air.

Batu yang dinamai "John Klein" itu merupakan lokasi penggalian pertama Curiosity untuk mendapatkan sampel. Dari warna batu itu saja, peneliti mengetahui bahwa materinya terlindungi dari radiasi tinggi dan proses oksidasi di permukaan Mars.

"Jika memang pernah ada materi organik di situ, maka kemungkinan ia sudah terawetkan," kata David Blake, Ketua Penyelidik untuk Percobaan Kimia dan Mineral Curiosity (CheMin), Rabu (13/3/2013).

Kendati demikian, perburuan karbon organik tidaklah mudah, mengingat banyak proses yang menciptakan batu malah menghancurkan organik yang ada. "Pencarian karbon organik adalah suatu isu di misi ini dan Anda ingin melakukan ini sehati-hati mungkin," tambah pemimpin peneliti Curiosity, John Grotzinger.

Sebelumnya, pihak NASA mengumumkan bahwa Mars bisa menyokong kehidupan berdasarkan bahan kimia yang ditemukan di dalam "John Klein".

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Analisis lain juga menunjukkan bahwa air yang dulunya merendam batu ini memiliki pH netral, tidak terlalu asam dan tidak terlalu asin. Penemuan ini mengindikasikan bahwa pernah ada organisme yang hadir dan mungkin saja mereka terawetkan. (Zika Zakiya/National Geographic Indonesia)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.