Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dinosaurus dengan Senyum Tak Terlupakan

Kompas.com - 21/01/2013, 14:36 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

LOURINHA, KOMPAS.com — Spesies dinosaurus baru terungkap lewat analisis fosil di Wyoming, Amerika Serikat. Spesies tersebut unik karena memiliki gigi besar, membuatnya menjadi dinosaurus dengan senyum tak terlupakan.

Dinosaurus spesies baru itu bernama Kaatedocus siberi. Temuannya dipublikasikan di Journal of Systematic Paleontology baru-baru ini.

Dinosaurus ini berjalan dengan empat kaki, memiliki leher panjang dan ekor yang mampu mencambuk. Diketahui, dinosaurus ini adalah nenek moyang golongan dinosaurus Diplodocus, dinosaurus lain yang juga memiliki senyuman atau seringai khas.

"Kaatedocus memiliki gigi berbentuk seperti pensil di bagian depan moncongnya," kata Octavio Mateus, paleontolog dari Universidade Nova de Lisboa dan Museu da Lourinha yang menemukannya, seperti dikutip Discovery, 19 Desember 2012.

Mateus mengatakan, dinosaurus jenis baru ini memakan tumbuhan. Gigi yang dimilikinya tidak mampu mengunyah. Gigi yang unik membuat dinosaurus ini memiliki senyum khas. Menurut Mateus, tengkorak Kaatedocus yang dianalisis pun sudah menunjukkan senyuman itu.

Dinosaurus ini memiliki ukuran lebih kecil dan lebih tua dari dinosaurus kerabatnya, Diplodocus. Studi spesies ini mampu mengungkap evolusi Siplodocus.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com