Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Bahan Beracun di Merek Pakaian Ternama

Kompas.com - 20/11/2012, 16:13 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah merek pakaian ternama mengandung bahan kimia berbahaya bagi lingkungan. Hal ini terungkap dalam laporan investigasi terbaru Greenpeace bertajuk "Benang Beracun - Merek Fashion Ternama Terjahit Dengannya".

Investigasi Greenpeace dilakukan dengan mengambil sampel produk pakaian ternama yang beredar di 27 negara, termasuk Indonesia. Sejumlah 141 produk pakaian dikoleksi dari toko-toko resmi penjual produk tersebut selama bulan April 2012 dan diteliti di laboratorium Greenpeace di Inggris.

Hasil investigasi terbaru menemukan bahwa 20 pakaian merek ternama mengandung bahan beracun yang bisa mengganggu hormon dan menyebabkan kanker. Dari 141 produk, 89 diantaranya mengandung bahan beracun. Salah satu merek yang mengandung bahan beracun adalah Zara.

"Beberapa produk Zara yang diuji, hasilnya positif mengandung zat yang akan terurai membentuk bahan kimia penyebab kanker atau gangguan hormon," kata Martin Hijsik, Koordinator Kampanye Detox Greenpeace International.

Dari penelitian Greenpeace, salah satu produk Zara mengandung NPEs (Etoksilat polifenol) dengan konsentrasi tertinggi, mencapai 1000 ppm. Sementara, dua produk Zara lainnya memiliki kandungan pewarna azo.

Hilda Meutia, Koordinator Water Patrol Greenpeace Indonesia menjelaskan, NPEs adalah senyawa surfaktan yang pada hewan dan manusia dapat menggangu hormon. Pewarna azo akan melepaskan amines yang bisa menyebabkan kanker.

"Gangguan hormon dan kanker tidak muncul segera tetapi dalam jangka panjang. Bahan dapat masuk lewat rantai makanan," kata Hilda dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (20/11/2012). Bahan bisa masuk ke lingkungan saat pembuangan limbah ataupun saat produk dicuci.

Selain Zara, produk lain yang juga mengandung bahan beracun adalah Metersbonwe, Levi's, C & A, Mango, Calvin Klein, Jack & Jones dan Marks & Spencer. NPEs dan pewarna azo juga ada dalam produk itu, ditambah phthalates, senyawa untuk fleksibilitas dan keawetan yang bersifat karsinogenik.

Produk dari C & A, Levi's, Marks & Spencer, Mango, Jack & Jones dan Metersbonwe adalah yang mengadung konsentrasi NPEs tertinggi. Sementara, phthalates dijumpai pada produk Tommy Hilfiger, Armani dan Victoria's Secret.

Berdasarkan laporan itu, Ahmad Ashov, Jurukampanye Air Bebas Racun Greenpeace Indonesia mengatakan, "Greenpeace menuntut merek fashion untuk berkomitmen terhadap nol pembuangan terhadap bahan kimia berbahaya pada tahun 2020."

Ia menambahkan, Greenpeace juga menuntun para pemasok produk untuk mengungkapkan semua bahan kimia beracun yang dilepaskan dari fasilitas yang dimiliki kepada masyarakat di lokasi pencemaran air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com