Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kukang Dijual Bebas di Pasar Hewan Surabaya

Kompas.com - 06/11/2012, 16:41 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Hewan primata dilindungi, Kukang (Nycticebus Coucang) ternyata dijual bebas di sejumlah lokasi pasar di Surabaya. Fakta tersebut berdasarkan pengakuan salah satu tersangka penjual hewan dilindungi kepada polisi, Didik Purnomo.

Dia mengakui, menawarkan hewan lucu bertubuh mungil itu melalui internet kepada jaringan pecinta hewan. ''Kalau ada yang cari baru saya carikan ke pasar-pasar hewan di Surabaya seperti di Pasar Kupang maupun Bratang. Di sana banyak dijual bebas," jelasnya, Selasa (6/11/2012).

Menurut pria 34 tahun warga Kedung Tomas, Surabaya itu, kepada pecinta hewan jaringannya, dia membuka harga Rp 750 ribu untuk jenis Kukang Jawa, dan Rp 1,5 juta untuk jenis Kukang Sumatera.

Namun bisnis yang baru saja dilakukan itu tidak berjalan mulus. Jajaran Unit Reskrim Polsek Tegalsari Surabaya keburu menangkapnya bersama rekannya, Muhammad Alfa (26), warga Jenggolo, Sidoarjo. Kedua tersangka dijerat Pasal 40 ayat 2 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dengan ekosistemnya dan Peraturan Pemerintah nomor 7 tahun 1999 tentang satwa yang dilindungi.

Meski kedua pelaku berstatus tersangka, namun polisi tidak melakukan penahanan karena keduanya dinilai cukup kooperatif selama dilakukan penahanan maupun pemeriksaan. ''Enam ekor Kukang yang menjadi barang bukti akan kita serahkan ke instansi terkait agar bisa dilepaskan ke habitatnya," kata Kanit Reskrim Polsek Tegalsari, Surabaya, Iptu Ricky Firmansyah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com