Kompas.com - 29/10/2012, 23:29 WIB
|
Editoryunan

KOMPAS.com — Perhatian dunia, terutama Amerika Serikat, dalam beberapa hari terakhir terpusat pada ancaman badai hibrida yang disebut "Frankenstorm". Badai tersebut mengancam kota-kota paling padat di Amerika Serikat, termasuk kota yang bisa dikatakan jantung dunia, New York.

Bagaimana pembentukan badai tersebut? Kapan pembentukannya dimulai dan apa saja dampak yang sudah diakibatkan badai itu? Dampak apa pula yang mungkin akan dirasakan Amerika Serikat akibat badai tersebut?

Frankenstorm terutama berkaitan dengan perkembangan badai Sandy. Badai Sandy terbentuk di wilayah Karibia. Pembentukan badai itu tak lepas dari faktor-faktor yang menyebabkan pembentukan badai tropis, yakni suhu di dekat permukaan laut, kelembaban udara, dan pola angin.

Pembentukan badai tropis dimulai dari naiknya massa uap air membentuk awan akibat panas. Banyaknya uap air yang naik menciptakan wilayah bertekanan rendah. Akibatnya, uap air dari wilayah yang bertekanan lebih tinggi mengisi wilayah yang bertekanan rendah dan ikut menguap.

Pada gilirannya, sebuah sistem badai yang terdiri atas awan dan angin yang terus mengembang dengan didayai panas di permukaan air laut akan terbentuk. Sistem itu akan berputar semakin cepat membentuk badai tropis dengan kecepatan 63-117 km per jam.

Badai Sandy, seperti diberitakan Telegraph, Senin (29/10/2012), terbentuk di wilayah Karibia pada Senin (22/10/2012) lalu. Badai menjadi semakin besar. Livescience, Senin, memberitakan bahwa area yang mungkin terdampak badai merentang hingga 280 km dari pusat sistem badai.

Pada Kamis (25/10/2012), badai Sandy menghantam wilayah Kuba dengan kecepatan angin 185 km per jam. Di Kuba dilaporkan bahwa 26 orang tewas akibat badai. Beberapa jam setelah dari Kuba, badai Sandy bergerak ke Bahama dengan kecepatan yang sudah berkurang menjadi 150 km per jam.

Badai Sandy akan terus bergerak dan diperkirakan pada Selasa (30/10/2012) dini hari akan mencapai wilayah pantai timur Amerika Serikat. Badai mengancam beberapa wilayah dataran rendah, seperti New Jersey, New York, dan West Virginia.

Badai Sandy akan menjelma menjadi Frankenstorm bila bergabung dengan badai musim dingin dari pantai barat Amerika menuju ke timur dan angin dingin dari Kanada. Bila gabungan tiga sistem itu terjadi, maka dampaknya akan luar biasa.

Beberapa dampak antara lain hujan deras dan angin kencang. Salju yang terbentuk bisa mencapai ketebalan 60 cm. Sementara itu, Reuters pada Jumat (26/10/2012) memperkirakan bahwa kerugian kerusakan akibat badai ini bisa mencapai 5 milliar dollar AS.

"Kami memperkirakan, badai ini akan berdampak pada 50 juta-60 juta orang," kata Louis Uccelini, Kepala Prediksi Lingkungan dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) seperti dikutip Times, Senin.

Badai hibrida sebelumnya juga pernah menghantam Amerika Serikat pada tahun 1991, disebut badai Grace. Meski demikian, Frankenstorm yang mungkin terjadi kali ini akan menjadi badai dengan dampak terbesar dalam 100 tahun terakhir.

Informasi terakhir seperti dilansir CBS News, Senin, badai Sandy menguat, dari kecepatan 75 km per jam menjadi 85 km per jam. Sejauh ini, upaya pengurangan risiko bencana telah dilakukan. Sekolah hingga bursa saham dinonaktifkan, demikian pula langkah evakuasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan Video Lainnya >

    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.